Ratusan Tewas di India Akibat Jembatan Gantung Ambruk di Tengah Sungai

 

TRAGEDI: Jembatan Ambruk di India Tewaskan 81 Orang -Foto Nett

TOPRILIS.COM, GUJARAT - Jembatan gantung di India ambruk pada Minggu (30/20/2022). Akibat peristiwa tersebut, ratusan orang jatuh ke Sungai Machchu. Seratusan orang meninggal dan puluhan lainnya terluka. Hingga kini, tim tengah melakukan pencarian korban hilang.

Jembatan Ambruk di India, 400 Orang Jatuh ke Sungai

Jembatan gantung di negara bagian Gujarat barat India ambruk tepatnya yakni di kota Morbi. Seperti dilansir Reuters, kejadian ini terjadi pada Minggu (30/10) malam waktu setempat. TV lokal Zee News melaporkan lebih dari 400 orang berada di jembatan pada saat itu dan tercebur ke Sungai Machchu.

Diketahui, jembatan bersejarah sepanjang 230 meter tersebut dibangun pada masa pemerintahan Inggris di abad ke-19. Jembatan itu sempat ditutup untuk renovasi selama enam bulan dan dibuka kembali untuk umum minggu lalu.

Penyebab Jembatan Ambruk: Tak Kuat Menahan Beban

Jembatan gantung berusia satu abad itu diduga ambruk karena tidak mampu menahan beban dari banyaknya orang yang berada di atas jembatan dalam satu waktu.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (31/10/2022), para pejabat setempat melaporkan bahwa ratusan orang yang ada di atas jembatan terjatuh ke dalam sungai saat insiden terjadi pada Minggu (30/10/2022) malam waktu setempat.

Jembatan yang ambruk itu merupakan jembatan pejalan kaki dari era kolonial abad ke-19 yang membentang di atas Sungai Machchu di distrik Morbi, Gujarat. Otoritas India menyebut jembatan itu ambruk karena tidak bisa menahan beban dari kerumunan orang yang ada di atasnya, saat musim festival Hindu menarik datangnya ratusan orang ke jembatan yang juga menjadi objek wisata itu.

Diketahui bahwa jembatan itu ditutup untuk renovasi selama nyaris enam bulan dan baru saja dibuka kembali sekitar empat hari sebelum insiden ini terjadi.

132 Orang Tewas Akibat Jembatan Ambruk di India

Korban tewas akibat jembatan gantung ambruk di India terus bertambah. Kini, tercatat jumlah korban menjadi sedikitnya 132 orang.

Menteri Negara Bagian setempat, Harsh Sanghvi, menuturkan kepada wartawan setempat bahwa sedikitnya 132 orang dinyatakan tewas dalam insiden itu.

Tidak diketahui secara jelas ada berapa banyak orang di atas jembatan sepanjang 232 meter itu saat insiden terjadi. Otoritas setempat mengkhawatirkan jumlah korban tewas akan kembali bertambah.

Banyak orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka dan kini menjalani perawatan medis di rumah sakit setempat. Jumlah pasti korban luka tidak disebutkan lebih lanjut oleh otoritas setempat.

Puluhan Korban Terluka, Diketahui Ada Korban Hilang

Selain seratusan korban tewas, seorang pejabat mengatakan puluhan orang juga mengalami luka-luka akibat kejadian tersebut.

Dilansir Reuters pada Senin (31/10/2022), 50 personel angkatan laut dan 30 angkatan udara dipanggil untuk membantu bersama dengan tim penanggulangan bencana nasional untuk melacak korban hilang, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan. Selain itu sebuah tim beranggotakan lima orang ditunjuk untuk melakukan penyelidikan atas bencana tersebut.

Sebuah tayangan TV menunjukkan belasan orang berpegangan pada kabel jembatan yang runtuh saat tim darurat berjuang untuk melakukan evakuasi. Beberapa korban memanjat struktur yang rusak untuk mencoba menuju ke tepi sungai, sementara yang lain berenang ke tempat yang aman.

Kesaksian Korban Selamat di Insiden Jembatan Ambruk

Sejumlah anak termasuk di antara para korban peristiwa jembatan ambruk di India. Seorang korban selamat, Prateek Vasava mengatakan kepada saluran berita berbahasa Gujarati 24 Jam bahwa ia menyaksikan beberapa anak jatuh ke sungai. Jembatan itu disebut runtuh hanya dalam beberapa detik.

"Saya ingin menarik beberapa dari mereka bersama saya, tetapi mereka telah tenggelam atau hanyut," katanya. (news.detik.com/Gun)

Lebih baru Lebih lama