Cabor Tinju dan Gulat PPLP Tak Lagi Dibiayai Pemerintah Pusat

WAWANCARA: Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma - Foto Dok Nett

TOPRILIS.COM, KALTIM – Dua cabang olahraga (cabor) di Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) yakni tinju dan gulat sudah tidak dibiayai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui anggaran APBN.

"Dua olahraga ini sudah tidak dibiayai oleh pemerintah pusat, gulat dan tinju, tahun depan ini sudah putus, bagaimana mau melanjutkan," ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur, Agus Hari Kesuma (AHK) di Samarinda.


Agus mengakui memang ada pembiayaan untuk pembinaan atlet berprestasi yang menggunakan dana APBD tapi harus melalui Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI).

Namun, katanya, kalau dua cabor tersebut dibina menggunakan dana APBD maka akan menambah beban pembiayaan, karena banyak faktor yang perlu disiapkan untuk bekal atlet.

"Dana yang kita siapkan makan, vitamin, sekolah, hingga pelatihnya," jabar AHK.

AHK kemudian menyerahkan pembinaan atlet cabor gulat dan tinju tersebut sepenuhnya nanti kepada DBON. 

"Kita serahkan kepada DBON untuk melakukan pembinaan itu, mereka bibit potensial," ujarnya.

Kadispora menyebutkan, cabor yang dibina PPLP Kaltim merujuk pada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang penentuannya mutlak dari Kemenpora.

"Pemerintah pusat dalam menanamkan benih-benih juara ya melalui PPLP ini di Kaltim, ini harus diteruskan walaupun hanya tersisa beberapa cabor," bebernya.(elh/ron)






Lebih baru Lebih lama