Dinas Perpustakaan Kaltim Hadirkan Ruang Koleksi Digital, Bisa Baca Buku Tanpa Meminjam

 

PERPUSTAKAAN KALTIM: Ruang koleksi digital yang menyimpan banyak buku-buku dalam bentuk ebook -Foto dok Elsa


TOPRILIS.COM, KALTIM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki ruang koleksi digital yang menyimpan banyak buku-buku dalam bentuk ebook. Pengunjung bisa mengakses buku-buku digital tersebut melalui aplikasi khusus yang tersedia di ruang koleksi digital. Inovasi ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung menikmati buku-buku digital tanpa harus meminjamnya.

Ruang koleksi digital ini memiliki ratusan buku digital dengan berbagai macam tema dan genre. Buku-buku digital ini berbentuk CD-ROM yang memiliki nomor dan kode sesuai dengan judul dan sampulnya. Pengunjung bisa melihat judul dan sampul buku-buku digital di rak-rak yang ada di ruang koleksi digital.

Sub. Koordinator Otomasi Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim Winda Fitri Yantie mengatakan, pengunjung bisa mencari nomor dan kode CD-ROM yang mereka inginkan di aplikasi yang ada di komputer di ruang koleksi digital. Kemudian, pengunjung bisa membuka CD-ROM tersebut dan menonton video atau membaca ebook di komputer.

Winda juga mengatakan, pihak perpustakaan memiliki cadangan CD-ROM asli jika aplikasi mengalami gangguan atau trouble. Namun, pengunjung tidak boleh meminjam CD-ROM tersebut, hanya boleh membacanya di ruang koleksi digital saja.

"Jika pengunjung belum selesai membaca atau menonton buku digital, mereka bisa menyimpannya dulu di komputer dengan memberi tahu kami. Nanti jika mereka datang lagi besok atau lain hari, mereka bisa melanjutkan dari tempat yang terakhir kali mereka tinggalkan. Yang penting, mereka harus memesan atau order dulu ke kami," kata Winda.


Ruang koleksi digital ini buka setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WITA. Pengunjung harus memiliki kartu anggota perpustakaan untuk mengakses ruang koleksi digital ini.(elsa/gun)



Lebih baru Lebih lama