Kadispora Dukung Sport Industry di Kaltim

WAWANCARA: Kepala Dispora Provinsi Kaltim Agus Hari Kesuma - Foto Dok Nett

TOPRILIS.COM, KALTIM - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur, Agus Hari Kesuma mendukung rencana penguatan sport industry di Kaltim.

"Kita berkaca pada negara maju, sekarang olahraga ini sangat penting bagi pengembangan ekonomi suatu negara, seperti Amerika, China dan negara maju lainnya," ungkap pria yang akrab disapa AHK ini di Samarinda.


Menurutnya, Indonesia termasuk di Kaltim masih membutuhkan peran dari masyarakat dalam membentuk olahraga yang berprestasi.

Dalam hal ini, semakin meningkatnya prestasi olahraga di Kaltim maka sport industry atau industri olahraga akan dengan sendirinya terbentuk.

"Upaya pengembangan ini masih kita lakukan melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang ditekan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021," bebernya.

AHK kemudian mencontohkan pengembangan olahraga melalui sport industry ini dari daerah lain, salah satunya adalah pengembangan bola basket.

"Contoh industri olahraga bola basket. Ada kah pembinaan di sini? Adakah klub kita di sini yang mempertandingkan para pelajar di DBL? Pelajar diberikan porsi belajar di kelas 80 persen sedangkan untuk olahraga kalau sempat," jabarnya.

Kadispora menginginkan dengan hadirnya DBON ini nantinya porsi olahraga diperbanyak untuk menciptakan prestasi olahraga di Kaltim.

"Kalau misalkan pembinaan kita lakukan dalam pembentukan industri olaharaga ini dengan porsi 70 persen dan belajar di kelas 30 persen, pembinaan olahraga kita di kancah nasional bisa lebih bersaing," jelasnya.

AHK mengharapkan kerekatan Dispora dengan DBON menjadikan industri olahraga di Kaltim semakin maju.

"Kita selalu memonitor perkembangan olahraga di Kaltim, ini kita support betul pembinaan," tukasnya.(elh/ron)





Lebih baru Lebih lama