Penilaian Panji Keberhasilan Pembangunan Perpustakaan di Kaltim: Fokus pada Dampak Positif

 

KEBERHASILAN PERPUSTAKAAN: Penilaian panji keberhasilan pembangunan perpustakaan di wilayah Kaltim, bukan hanya melihat pembangunan gedung atau sarana, tetapi juga melihat kegiatan apa yang dilaksanakan untuk mendukung pengembangan perpustakaan -Foto dok Elsa


TOPRILIS.COM, KALTIM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya mengembangkan perpustakaan dan membudayakan kegemaran membaca di masyarakat, salah satunya dengan penilaian panji keberhasilan pembangunan perpustakaan di wilayah Kaltim.

"Penilaian panji keberhasilan pembangunan perpustakaan akan dilaksanakan di bulan November 2023," kata Pustakawan Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim Marthen Rumana di Samarinda.

Ia menyebutkan, indikator penilaiannya kita lihat peran pemerintah daerah dalam pembangunan perpustakaan dari aspek kegiatan apa yang dilakukan dalam rangka pembangunan perpustakaan dan pengembangan minat baca.

Ditambahkannya, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun, namun tahun ini indikatornya lebih menekankan aspek kualitas di samping kuantitas.

"Misalnya, bukan hanya melihat pembangunan gedung atau sarana, tetapi juga melihat kegiatan apa yang dilaksanakan untuk mendukung pengembangan perpustakaan, termasuk jumlah kunjungan dan konten yang disiapkan," katanya.


Sebagai contoh, ia menyebutkan, perpustakaan Bontang yang mengadakan kursus penulisan atau lomba kepenulisan yang bisa meningkatkan literasi masyarakat.

"Kegiatan seperti itu yang kita lihat, apakah bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat," tuturnya.

Marthen Rumana mengatakan, penilaian panji keberhasilan pembangunan perpustakaan di Kaltim ini akan diumumkan pada bulan November, dan puncaknya akan diserahkan pada bulan Januari saat ulang tahun provinsi. 

Ia berharap, kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi pemerintah daerah dan perpustakaan untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.(elsa/gun)

Lebih baru Lebih lama