Pesiapan IKN, Dispora Ingin Pemuda Kaltim Jadi Pelaku Utama Pembangunan

WAWANCARA: Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman - Foto Dok Nett

TOPRILIS.COM, KALTIM – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki Pekerjaan Rumah (PR) untuk meningkatkan kualitas pemuda sebagai persiapan masuknya Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman mengatakan, pemuda Kaltim sebagai estafet pembangunan harus bisa memiliki kemampuan yang lebih apalagi dengan masuknya IKN tahun depan.

Dia menegaskan para pemuda harus menjadi pelaku utama dalam pembangunan daerah. Jadi pemuda Kaltim harus memiliki jiwa yang kuat.

"Mau tidak mau, suka tidak suka, pemuda Kaltim menjadi pusat peradaban pemuda,"kata Rasman di Samarinda. 


Rasman mengatakan, dorongan dari berbagai pihak harus dapat meningkatkan kemajuan pada para pemuda di Kaltim. Contohnya, seperti Dispora Kaltim yang selalu menyediakan wadah dalam peningkatan kualitas pemuda.

"Seperti Kirab Pemuda. Ini menjadi bagian upaya kita melatih pemuda dari sisi kepemimpinan dan dari fisik," lanjutnya. 

Selain itu, Dispora Kaltim juga melakukan pelatihan-pelatihan untuk para pemuda, dengan melatih soft skill-nya diharapkan mereka dapat memiliki kreativitas yang lebih banyak.

"Jangan sampai dia berkoar-koar dengan para 'naga' tapi dia tidak siapkan sebagai pelaku pemuda yang tangguh terhadap zaman," tegasnya. 

Untuk upaya tersebut, Dispora Kaltim melakukan kolaborasi bersama OPD lainnya seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Pariwisata, Dinas UMKM, serta OPD lainnya.

Kolaborasi tersebut bertujuan sama untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) pemuda yang menunjang pembangunan Kaltim lebih maju.

"Harus kolaborasi ini. Di sinilah pentingnya ada namanya lintas sektoral. Jadi kalau mengurus pemuda itu, jangan hanya Dispora saja yang dibebankan," pungkasnya.(elh/ron)




Lebih baru Lebih lama