Samsun Berharap Pemprov Kaltim Matangkan Infrastruktur Jelang IKN

WAWANCARA: Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim Muhammad Samsun - Foto Dok Agustina

TOPRILIS.COM, KALTIM- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun mendorong agar pemerintah provinsi terus melakukan perbaikan, khususnya dalam persiapan infrastruktur menjelang pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Ini mencakup kebutuhan akan infrastruktur dasar yang memadai, seperti jalan, listrik, jaringan internet dan sarana pendukung yang harus disiapkan sebelum IKN beroperasi," tuturnya di Samarinda.


Menurutnya, ada berbagai tantangan yang dihadapi oleh Kalimantan Timur dalam menghadapi perubahan besar ini. Sehingga ia menekankan pentingnya persiapan yang matang untuk menghadapi lonjakan penduduk yang diprediksi akan membanjiri IKN.

Selain itu, ia juga menyinggung diversifikasi ekonomi sebagai langkah strategis. Setelah melalui periode pertambangan, Samsun menekankan urgensi memulai persiapan sejak sekarang di sektor pertanian, termasuk infrastruktur irigasi dan fasilitas pendukungnya.

"Oleh karena itu, perlunya keterlibatan masyarakat lokal sejak tahap awal, bukan hanya sebagai penonton, serta meminta pemerintah dan masyarakat bersama-sama menghadapi perubahan yang akan terjadi," sorotnya.

Untuk itu, ia pun mengajak seluruh pihak untuk bersiap menghadapi masa depan yang semakin dekat dengan kedatangan IKN ke wilayah tersebut.

Dalam konteks persiapan ini, ia menekankan bahwa kolaborasi dan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat adalah kunci sukses untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh Kalimantan Timur.

"Kita harus bersinergi dan berkomitmen untuk membuat wilayah ini lebih matang dan siap menghadapi perubahan besar yang akan datang," tutup Samsun.(ags/ar)


Lebih baru Lebih lama