Mengenal Sosok Amir Husein yang Selalu Dihauli Setiap Tahunnya


SELALU DIHAULI: Amir Husein Bin Buajim kubahnya berada di Desa Lampihong Kanan Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan - Foto Dok Elhami.


TOPRILIS.COM, KALSEL - Haul ke-38 Tahun 2024 Amir Husein Bin Buajim di Desa Lampihong Kanan Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan kembali akan digelar pada hari Rabu (17/1/2024) pukul 20.00 wita (Malam Kamis) bertepatan dengan 5 Rajab 1445 H.

Kegiatan haul akan dipimpin oleh Abah Guru Danau, haul ini selalu dilaksanakan setiap tahunnya. 

Zuriat almarhum H Hamdi dan Abdul Khair Senin pernah mengatakan, sosok Amir Husin dulunya tinggal di dalam hutan dengan pekerjaan hanya menyadap karet.

Ia berasal dari Barabai lalu menikah dengan seorang perempuan asal Lampihong, setelah itu tinggal dihutan pagatan Desa Batu Merah. Ia mempunyai satu orang anak bernama Muhammad Ideris yang juga sudah meninggal.

H Hamdi mengatakan, Amir Husein dipercaya sebagai wali Allah yang tersembunyi artinya setelah meninggal baru diketahui, dengan adanya karamat disekitar kuburnya yaitu bagirap (bercahaya;red).

"Fenomena tersebut didatangi oleh Abah Guru Danau dan beliau menjelaskan bahwa Amir Husein adalah seorang wali," ungkapnya.

Sosok Amir Husein dalam menjalani hidup sangatlah sederhana dan selalu merasa cukup, selain itu ia juga istiqamah setiap ke masjid selalu datang lebih awal meski rumahnya di dalam hutan.

"Beliau juga sangat sayang dengan binatang, bahkan pernah beliau membuatkan titian untuk semut yang ingin menyeberang dari air," tutupnya.(rls/elhami)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama