Pemerintah Gelontorkan Rp 11,25 Triliun untuk BLT Baru

BLT BARU: BLT baru dengan nilai Rp 11,25 T akan disalurkan kepada 18,8 juta penduduk miskin, per bulannya senilai Rp 200.00 per bulan - Foto Net.


TOPRILIS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, telah menyediakan anggaran sebesar Rp 11,25 triliun untuk bantuan langsung tunai (BLT) kepada 18,8 juta penduduk miskin, yang merupakan pengganti bantuan El Nino.

Diketahui, BLT tersebut senilai Rp 200.00 per bulan, yang akan diberikan selama tiga bulan hingga Maret 2024.


"Kalau untuk 3 bulan itu Rp 11,25 triliun untuk 18 juta KPM. (Selama) Januari, Februari, Maret," kata Menkeu saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (29/1/2024).


Lebih lanjut, bendahara negara ini menjelaskan alasan Pemerintah belum menyalurkan BLT tersebut pada Januari, sebab pada Januari pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk proses penyaluran BLT-nya.

"Karena kan ini udah hampir selesai (Januari), tapi dari Kemensos untuk urusan DIPA-nya, dan penggunaan datanya dan appoitment terhadap costnya," ujar Menkeu.

Menkeu menegaskan, untuk penyaluran belum diketahui apakah akan disalurkan sekaligus selama 3 bulan atau per bulan. Pihak Kemenkeu masih melihat kesiapan dari Kemensos.

"3 bulan sekaligus, nanti kita liat kesiapan dari Kemensos," ujarnya.(liputan6.com/elh)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama