Acil Odah Bahas Kepemimpinan Perempuan dalam Diskusi KB-PII

DISKUSI : Ketua TP PKK Kalimantan Selatan, Raudatul Jannah Jadi Narasumber Diskusi Panel - foto dok https://wasaka.kalselprov.go.id/

TOPRILIS.COM,BANJARMASIN – Ketua TP PKK Kalimantan Selatan, Hj. Raudatul Jannah Sahbirin Noor, atau yang akrab disapa Acil Odah, menjadi narasumber dalam Diskusi Panel “Kolaborasi Kepemimpinan Dalam Membangun Banua.” Acara ini diselenggarakan oleh Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII) Kalimantan Selatan dan dirangkai dengan pelantikan pengurus wilayah periode 2022-2026, sebagai bagian dari Refleksi Hari Bangkit PII ke-77. Acara berlangsung di Mahligai Pancasila Banjarmasin pada Minggu (12/5/2024)

Acil Odah, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, memberikan materi diskusi bersama narasumber lainnya, seperti Guru Besar UIN Antasari, Prof. Ridhahani Fidzi, dan dr. Meidy Muzada. Dalam diskusi ini, Acil Odah membahas topik “Kepemimpinan Perempuan Dalam Keluarga.”

Ia memulai paparannya dengan menjelaskan kedudukan perempuan dalam Islam, mengutip QS Annisa ayat 1 serta dalil dan hadist Nabi Muhammad SAW yang menunjukkan kesetaraan perempuan dengan laki-laki dalam berbagai aspek.

“Secara naluriah, perempuan cenderung mengutamakan keselamatan anak, pembelajaran, aktif dalam komunikasi, melindungi keluarga, dan tidak egois,” ujarnya.

Acil Odah juga menyoroti isu strategis seperti stunting, di mana peran perempuan sangat penting sebagai kader posyandu dan anggota PKK. Perempuan juga berperan sebagai motor penggerak masyarakat, motivator, fasilitator, serta pendidik dalam bidang kesehatan.

Selain itu, Acil Odah membahas peran perempuan dalam ketahanan pangan keluarga. “Kita motivasi ibu-ibu agar tidak hanya bergantung pada penghasilan suami, tetapi juga dapat mendatangkan penghasilan tambahan untuk keluarga,” jelasnya.

Diskusi panel dan pelantikan pengurus KB PII Kalsel periode 2022-2026 ini juga dihadiri oleh Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Hj. Husnul Khatimah. Hj. Husnul Khatimah menyampaikan sambutan tertulis dari Paman Birin dalam acara tersebut. (rls/tiwi)









elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama