Komisi III DPRD Kalsel Terinspirasi Pengelolaan Angkutan di Bali, Usulkan Kereta Api di Kalsel

DISKUSI : Komisi III DPRD Kalsel kunker ke Kantor Dishub Prov Bali - Foto dok https://dprdkalselprov.id/ 

TOPRILIS.COM,BALI - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), yang bertanggung jawab dalam bidang pembangunan dan infrastruktur, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Bali di Denpasar pada hari Rabu (08/05/2024) 

Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kalsel,Gusti Abidinsyah,yang juga memimpin rombongan, menjelaskan bahwa tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mempelajari cara Provinsi Bali mengelola angkutan perkotaan.

"Bali memiliki cakupan angkutan yang padat, dengan lebih dari 74,7% berupa angkutan sewa. Ini merupakan upaya luar biasa dari Bali dalam mengatasi tantangan angkutan perkotaan," ujar Gusti Abidinsyah.

Mengacu pada pengalaman Bali, Kalsel berencana untuk menerapkan perencanaan yang serupa untuk mengatasi kemacetan angkutan sewa khusus di wilayahnya. 

"Kalsel akan menjadi gerbang IKN (Indonesia Kawasan Industri) dan kami akan mengadopsi integritas dalam perencanaan transportasi seperti yang telah dilakukan di Bali," tambahnya.

"Selain itu, kami tertarik dengan pembangunan jalur kereta api di Bali yang dapat membantu konektivitas antarkabupaten/kota. Oleh karena itu, kami juga berencana untuk merancang jalur kereta api di Kalsel, dan kami berharap pendanaan dari pemerintah pusat dapat disetujui dengan cepat," jelasnya.

I Nyoman Suryanata, Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Provinsi Bali, menyambut baik kedatangan rombongan kunjungan kerja dari Komisi III DPRD Provinsi Kalsel. "Kami berterima kasih atas kesempatan ini dan berharap pengalaman yang kami bagikan dapat membantu Kalsel dalam meningkatkan penataan transportasi mereka di masa depan," tambahnya.

Selain itu, I Nyoman Suryanata berharap bahwa kendala-kendala yang dihadapi di Bali dapat dijadikan pembelajaran bagi Kalsel, dan solusi seperti mendorong penggunaan kendaraan listrik juga dapat diterapkan di sana.(rls/tiwi)

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama