Paman Birin Hadiri Halalbihalal KBB Jatim, Serukan Kebahagiaan dan Persatuan

CINDERAMATA : Ketua Umum KBB Jawa Timur, H Noor Alamsyah mengucapkan terimakasih atas kehadiran serta dukungan Paman Birin terhadap KBB Jawa Timur selama ini. - foto dok https://wasaka.kalselprov.go.id/

TOPRILIS.COM, JAWA TIMUR - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Presiden Kerukunan Bubuhan Banjar Sadunia, H Sahbirin Noor atau yang lebih dikenal sebagai Paman Birin, turut memeriahkan acara Halalbihalal 1445 H Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jawa Timur di Gedung Islamic Center (ISC) Surabaya pada pagi hari kemarin (12/5/2025).

Tiba di lokasi acara diiringi oleh Sinoman Hadrah, Paman Birin dan rombongan disambut hangat oleh para tamu undangan serta ribuan warga Banjar yang memadati acara tersebut.

Diperkirakan lebih dari 2.000 warga Banjar dari berbagai daerah di Jawa Timur hadir dalam acara tersebut, menciptakan suasana kemeriahan yang tak terbendung sepanjang kegiatan.

Dalam sambutannya, Paman Birin menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh warga Banjar yang turut hadir dalam acara tersebut. "Atas nama Pemerintah Provinsi Kalsel dan masyarakat Banua, ulun mengucapakan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H," ujar Paman Birin.

Beliau juga menegaskan bahwa pertemuan hari itu merupakan momen kebahagiaan bagi semua masyarakat Banjar di Jawa Timur. "Kekerabatan antara Banjar dan Jawa Timur sangat erat, buktinya banyaknya masyarakat Banjar di Jawa Timur dan sebaliknya. Mari kita jaga kerukunan di mana pun kita berada, karena di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," tambahnya.

Paman Birin juga mengajak para perantau Banjar untuk tetap mencintai negeri dan tanah air mereka, Kalimantan Selatan. "Jangan sampai kita lupa akan kampung halaman. Kita harus terus menjaga dan melestarikannya. Dengan terselenggaranya acara KBB ini, diharapkan kita semakin mencintai tanah air dan daerah asal kita, yaitu Kalsel," tutup Paman Birin.

Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menyampaikan apresiasi atas kekompakan masyarakat Banjar di Jawa Timur. "Jawa Timur merupakan rumah yang nyaman bagi semua etnis dan agama. Siapa pun memiliki hak yang sama di Jawa Timur, termasuk masyarakat Banjar," jelasnya.

Ia juga mengakui kontribusi masyarakat Banjar dalam kemajuan ekonomi di Jawa Timur. "Kami sangat beruntung memiliki Presiden KBB seperti Paman Birin, beliau adalah panutan dan gubernur senior di Indonesia yang terkenal dengan prestasinya dan dekat dengan rakyatnya," tambah Adhy.

Ketua Umum KBB Jawa Timur, H Noor Alamsyah, juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Paman Birin terhadap KBB Jawa Timur. "Terus melestarikan budaya Banjar serta menjaga kerukunan antar sesama perantauan merupakan dukungan yang selalu beliau berikan kepada KBB Jatim," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin juga memberikan oleh-oleh berupa kue bingka dari Kalsel kepada para hadirin acara Halalbihalal dan menyumbangkan empat ekor sapi untuk KBB Jawa Timur pada Hari Raya Idul Adha nanti.

Acara Halalbihalal KBB Jawa Timur ini turut dihadiri oleh Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, mantan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, Walikota Banjarmasin, Wakil Bupati HST, Guru Sufian Al Banjari, Sekjen KBB Sadunia Taufik Arbain, Ketua Umum dan Koordinator Kerukunan Bebuhan Banjar (KBB) se-Jawa, sejumlah kepala SKPD lingkup Provinsi Kalsel, para ulama, dan tokoh masyarakat. (rls/tiwi)

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama