Pemprov Kalsel Gelar Salat Hajat untuk Calon Haji

SALAT HAJAT : ribuan warga Kota Banjarmasin dan sekitarnya berkumpul di Masjid Raya Sabilal Muhtadin melaksanakan salat hajat bersama jemaah calon haji Embarkasi Banjarmasin asal Kalimantan Selatan - foto dok https://wasaka.kalselprov.go.id/

TOPRILIS.COM, KALSEL – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama ribuan warga Kota Banjarmasin dan sekitarnya berkumpul di Masjid Raya Sabilal Muhtadin pada Kamis (9/5/2024) malam untuk melaksanakan salat hajat bersama jemaah calon haji Embarkasi Banjarmasin asal Kalimantan Selatan. Salat hajat yang dilakukan setelah Magrib ini dipimpin oleh KH Ilham Khumaidi dan dihadiri oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Adi Santoso.

Dalam sambutannya, Adi Santoso menyampaikan pesan dari Paman Birin yang mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran persiapan keberangkatan jemaah calon haji Kalsel yang dijadwalkan berangkat perdana pada 12 Mei 2024. "Semoga para jemaah selalu diberikan keamanan, kesehatan, dan keselamatan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah hingga kembali ke Banua dengan menyandang status haji yang mabrur," ucapnya.

Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Darul Quthni, juga mengajak masyarakat Kalsel untuk mendoakan kesehatan dan kelancaran ibadah para jemaah calon haji agar mendapatkan haji yang mabrur.

Keberangkatan Calon Haji

Jemaah calon haji Embarkasi Banjarmasin akan diberangkatkan melalui Bandara Sjamsuddin Noor di Banjarbaru pada Minggu (12/05/2024) setelah prosesi pelepasan di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Landasan Ulin, Banjarbaru. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel, Muhammad Tambrin, menyatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai stakeholder terkait seperti Pemerintah Provinsi Kalsel, Dinas Kesehatan, Balai Karantina Kelas I Banjarmasin, Kemenkumham, Imigrasi, Bea Cukai, Garuda, Gapura Angkasa, Angkasa Pura, dan UPT Asrama Haji.

Jemaah calon haji tahun ini akan menggunakan pesawat Garuda Airbus 330 dengan kapasitas 320 orang. Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 5,759 calon haji, terdiri dari 4,071 orang asal Kalsel dan 1,688 orang dari Kalimantan Tengah. Para jemaah terbagi dalam 19 kelompok terbang (kloter), dengan 18 kloter utuh dan satu kloter bergabung dengan Medan.

"Semoga semua jemaah dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan kembali dengan selamat," harap Tambrin. (rls/tiwi)



elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama