Sebanyak 320 Jemaah Haji Kabupaten Banjar Diberangkatkan ke Tanah Suci


MENYAPA : Gubernur Kalsel dan Ketua TP PKK Raudatul Jannah mengantarkan keberangkatan Jamah Haji Lansia - foto dok https://wasaka.kalselprov.go.id/


TOPRILIS.COM,BANJARMASIN – Sebanyak 320 jemaah haji, termasuk lima petugas kloter pertama asal Kabupaten Banjar, resmi diberangkatkan ke Tanah Suci dari Embarkasi Haji Banjarmasin, Banjarbaru, pada Minggu (12/05/2024) pagi.

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, yang akrab disapa Paman Birin, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah (Acil Odah), melepas secara langsung para jemaah haji. Mereka menyalami jemaah yang langsung naik bus menuju Bandara Syamsuddin Noor.

Sebelum pelepasan resmi, Paman Birin dan Acil Odah menyempatkan diri mendatangi jemaah lanjut usia dan berfoto bersama para jemaah.

“Alhamdulillah, pian-pian berataan ini adalah tamu Allah. Mudah-mudahan berangkatnya selamat dan pulangnya juga selamat sampai Banua. Sebagaimana kata Kalsel yakni kalian selamat. Mudah-mudahan berataan selamat,” ujar Paman Birin dalam sambutannya.

Paman Birin juga menambahkan bahwa selain menjadi pintu gerbang Ibu Kota Nusantara di masa depan, Kalimantan Selatan dikenal sebagai "Babussalam," yang berarti pintu keselamatan bagi seluruh warganya.

“Kalau Aceh Darussalam, kalau Brunei Darussalam, dan kalau Kalsel Babussalam, yakni pintu keselamatan bagi siapa saja. Mudah-mudahan kita berataan salamat di dunia maupun di akhirat,” pungkasnya.

Paman Birin kemudian berbagi cerita tentang pengalamannya saat menunaikan ibadah haji. Ia mengingatkan para jemaah untuk menyesuaikan diri dengan lidah orang Banjar saat di Tanah Suci, terutama selama 40 hari berada di sana.

“Sudah bawalah pian iwak karing? Atau mandai? Apalagi lama di sana, pasti pian kena kaganangan masakan banua, terutama papuyu bauubar,” tanya Paman Birin yang disambut tawa jemaah.

"Ulun atas nama pribadi dan atas nama pemerintah provinsi Kalsel mengucapkan selamat menjalankan ibadah haji, dan semoga menjadi haji yang mabrur. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, kloter pertama jemaah haji asal Kabupaten Banjar ulun nyatakan dilepas secara resmi," tutup Paman Birin.

Kepala Kantor Kemenag Kalsel sekaligus Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin, Muhammad Tambari, menjelaskan bahwa Embarkasi Banjarmasin akan melayani 5.759 jemaah. Jumlah tersebut terdiri dari 4.071 jemaah dari Kalimantan Selatan dan 1.688 jemaah dari Kalimantan Tengah.

“Jumlah Kelompok Terbang (Kloter) yang diterbangkan dari Embarkasi Banjarmasin sebanyak 19 kloter, dengan rincian 13 kloter dari Kalimantan Selatan, 5 kloter dari Kalimantan Tengah, dan 1 kloter gabungan dengan jemaah dari Medan,” ujarnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Kalsel H. Supian HK dan Forkopimda Kalsel. (rls/tiwi)

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama