Dakukeren, Muara Data Perencanaan Kabupaten Balangan

TIM DAKUKEREN: Tim Dakukeren atau data kabupaten untuk perencanaan pembangunan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Balangan - Foto Dok Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Balangan.

TOPRILIS.COM, KALSEL - Data merupakan dasar pembentuk informasi. Dengan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi, maka informasi yang berhubungan setiap tahapan pembangunan pun menjadi mudah didapatkan.

“Di Kabupaten Balangan, sebenarnya kita sudah memiliki portal data yang bisa diakses secara online, yaitu Dakukeren atau data kabupaten untuk perencanaan pembangunan,” ujar Muhammad Nor, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Balangan, Minggu (30/6/2024).

Lebih lanjut Nor mengungkapkan, bahwa portal data Kabupaten Balangan atau Dakukeren ini merupakan sebuah upaya untuk menjadikan data sebagai dasar pembentuk informasi perencanaan pembangunan bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

“Dakukeren ini pada dasarnya merupakan muara data atau portal data dari kompilasi produk administrasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah daerah kabupaten Balangan,” terangnya.

Ditambahkannya pula bahwa, keberadaan Dakukeren ini merupakan sebuah bukti nyata penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah yang berhubungan dengan statistik sesuai dengan peran dan fungsi yang diembankan kepada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Balangan.

Selebihnya, ini juga merupakan upaya untuk mewujudkan Satu Data Kebupaten Balangan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati Balangan Nomor 59 Tahun 2022 tentang Satu Data Kabupaten Balangan.

“Dakukeren saat ini, memang dalam versi pengembangan. Masih banyak pembenahan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan data di Kabupaten Balangan” pungkasnya.(rls/elhami)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama