Dapat DAK Fisik Rp 36,594 Milyar, Pemkab Balangan Gelar RADALOK

RAPAT: Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Balangan mengadakan Rapat Pengendalian Operasional Kegiatan (RADALOK) yang bersumber dari pendanaan DAK Fisik di Ar Raudah Waterpark - Foto Dok Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Balangan.

TOPRILIS.COM, KALSEL - Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik merupakan dana yang bersumber dari APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus fisik yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Taufiqurrahman, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan mengungkapkan, pada tahun 2024, Kabupaten Balangan mendapat DAK Fisik sebesar 36,594 milyar rupiah.

Menurutnya, dana ini menjadi salah satu instrumen penting dalam mendanai pembangunan infrastruktur.

"Target output DAK Fisik tahun 2024 di Kabupaten Balangan antara lain di bidang pendidikan membangun dan merehabilitasi 14 sekolah dasar, 9 sekolah menengah pertama dan 5 pendidikan anak usia dini," ungkapnya.

Kemudian di bidang kesehatan dan keluarga berencana antara lain pemasangan pembangkit listrik tenaga surya, air bersih dan instalasi pengolahan limbah di puskesmas, pengadaan 1 unit mobil pusling roda empat, 30 unit kendaraan pusling roda dua dan rehab serta kelengkapan balai penyuluhan KB di 8 kecamatan.

Lalu pada bidang jalan yaitu penanganan long segmen berupa pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, peningkatan/rekonstruksi jalan Lok Panginangan - Jimamun Kecamatan Lampihong.

"Sedangkan pada bidang air minum dilaksanakan uprating intalasi pengolahan air (IPA) dan penambahan sumur dalam terlindungi/broncaptering di 11 desa dengan swakelola," ujarnya.

Adapun pada bidang sanitasi berupa pembangunan tangki septik skala individual di 8 desa dan pengadaan 1 unit truk tinja.

Lebih lanjut disampaikannya, menindaklanjuti hasil rapat koordinasi pimpinan pada tanggal 6 Juni 2024, dimana Bupati Balangan memberi arahan untuk meningkatkan monitoring, evaluasi dan pengendalian pelaksanaan pembangunan.

Untuk itu Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Balangan mengadakan Rapat Pengendalian Operasional Kegiatan (RADALOK) yang bersumber dari pendanaan DAK Fisik di Ar Raudah Waterpark, Selasa (11/6/2024).

Acara dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Tuhalus, MP, kemudian dilanjutkan dipimpin oleh Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Taufiqurrahman, S.TP, MSi. Rapat dihadiri oleh Kepala KPPN Tanjung selaku narasumber, seluruh Pejabat dan Pelaksana Teknis Kegiatan DAK Fisik, tim pengendalian dari Bagian Administrasi Pembangunan, Inspektorat, Badan Keuangan dan Bapperida.

"Rapat ini menghasilkan beberapa catatan penting, di antaranya adalah pelaksana kegiatan secepatnya menyampaikan dokumen ke inspektorat untuk direview, lebih awal melakukan penginputan dokumen persyaratan pada OMSPAN, serta memanfaatkan waktu yang tersisa semaksimal mungkin agar pembangunan terlaksana dan penyaluran DAK Fisik dapat terealisasi," tutupnya.(rls/elhami)


Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama