Gubernur Kalimantan Selatan Serahkan Bantuan Presiden Jokowi di Hari Raya Idul Adha


Penyerahan : Gubernur Kalsel serahkan satu ekor sapi di Masjid Agung Al-Karomah, Kabupaten Banjar  - foto dok https://wasaka.kalselprov.go.id/

TOPRILIS.COM, KALSEL - Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin, bersama istri Hj. Raudatul Jannah (Acil Odah) menyerahkan Bantuan Kemasyarakatan dari Presiden Joko Widodo berupa satu ekor sapi di Masjid Agung Al-Karomah, Kabupaten Banjar pada Minggu (16/6/2024). 

Acara penyerahan ini turut dihadiri perwakilan Forkopimda dan jajaran. Paman Birin didampingi istri, serta Ketua DPRD Kalsel, Supian HK. Dalam kesempatan tersebut, dilakukan proses penandatanganan serah terima hewan kurban, pengalungan tanda pengenal kepada petugas, serta pemberian perangkat alat kurban.

Dalam sambutannya, Paman Birin menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian negara terhadap masyarakat Kalimantan Selatan. "Alhamdulillah, puji syukur, hari ini kita menyaksikan bersama bantuan dari Bapak Presiden RI berupa satu ekor sapi untuk Masjid Al-Karomah," ungkapnya.

Paman Birin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas perhatiannya. Ia juga menyebut bahwa sapi dengan berat 1,80 ton tersebut merupakan yang terbesar di Kalimantan Selatan.

"Artinya Bapak Presiden RI sangat peduli dan mencintai rakyat Kalsel. Bantuan hewan kurban untuk warga Banua khususnya di lingkungan Masjid Al-Karomah, Martapura, memiliki berat 1,80 ton," terang Paman Birin.

Ia memastikan sapi tersebut dalam kondisi sehat setelah pemeriksaan tim kesehatan. "Ini sapi terbesar di Kalimantan dan bebas dari penyakit," jelasnya.

Paman Birin menekankan pentingnya memaknai nilai hewan kurban sebagai semangat berbagi dan gotong-royong. "Kita harus meneladani rasa saling membantu antar sesama. Semangat berbagi antar warga harus semakin kuat untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik," ujarnya.

Ia juga berharap petugas hewan kurban dapat menjalankan tugas dengan baik. "Semoga petugas dapat menjalankan nilai ibadah di hari yang suci ini," harapnya.

Sementara itu, salah satu panitia dari pengurus Masjid Al-Karomah, Antung, menyatakan rasa syukur atas bantuan dari Presiden Jokowi melalui Gubernur Paman Birin. Pemotongan sapi rencananya akan dilakukan sehari setelah Hari Raya Idul Adha.

"Panitia kurban Masjid Al-Karomah memutuskan penyembelihan hewan kurban sapi setelah Hari Raya Idul Adha. Kami memiliki 38 ekor sapi, ditambah dari Presiden menjadi total 39 ekor sapi," terang Antung.

Ia menjelaskan bahwa daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat Banjar berdasarkan kupon dari Rukun Tetangga (RT). "Sasaran pemberian kupon adalah masyarakat yang jarang mendapatkan daging kurban. Kami mencetak 6000 kupon daging," tandasnya.(rls/tiwi)