Gubernur Kalsel Bangga atas Prestasi Atlet di Kejurnas Pencak Silat 2024

HADIAH :Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyerahka langsung hadiah kepada atlet kalsel yang lulus Kejurnas Pencak Silat PPLP/SKO se-Indonesia, - foto dokhttps://wasaka.kalselprov.go.id/


TOPRILIS.COM, KALSEL – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor atau Paman Birin, menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang diraih para atlet pada Kejurnas Pencak Silat PPLP/SKO se-Indonesia, yang ditutup pada Jumat (31/5/2024).

Atlet putra asal Kalsel, Muhammad Sandi Ananda, dari Pusat Pengembangan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Balangan, menjadi yang terbaik dalam ajang ini. Sedangkan, atlet perempuan terbaik diraih oleh Ni Putu Fany Aria Lestari dari PPLP Bali. Paman Birin berbangga dan langsung menyerahkan hadiah kepada mereka.

"Kebanggaan menjadi yang terbaik harus terus ditingkatkan ke depannya," kata Paman Birin.

Paman Birin senang bahwa Kejurnas Pencak Silat 2024 di Kalsel mencetak sejarah baru dalam dunia olahraga di Banua. Ia yakin kehadiran ajang ini akan meningkatkan minat olahraga, khususnya pencak silat, di daerah tersebut, sehingga dapat memicu semangat untuk berprestasi di tingkat nasional hingga internasional.

Muhammad Sandi Ananda (18) merasa senang dapat memenangkan kejuaraan ini. Dengan optimistis, ia yakin bisa mengalahkan lawan dari berbagai daerah di Indonesia. "Saya sudah yakin dan berusaha menang, berkat pelatih yang selalu menekankan semangat itu. Alhamdulillah, bisa memenangkan Kejurnas Pencak Silat 2024," ungkap Sandi penuh haru.

Sandi memiliki dua pelatih, Rama dan Muhrani. Ia telah berlatih intensif selama dua tahun hingga meraih prestasi ini. Sebelumnya, Sandi pernah memenangkan juara ketiga pada Kejurnas Pencak Silat di Palu. Dalam pertandingan kali ini, ia mengalahkan atlet dari SKO Flobamorata NTT.

"Pertandingan cukup sengit. Sempat kejar-kejaran poin, padahal di babak pertama saya sempat tertinggal 5 poin. Dari babak pertama hingga ketiga akhirnya bisa menyusul dan menang," terang Sandi sambil tersenyum.

Sandi berharap bisa terus meningkatkan kemampuannya untuk persiapan ke ajang olimpiade berikutnya.

Sementara itu, karateka putri terbaik, Ni Putu Fany Aria Lestari dari PPLP Bali, bersyukur bisa mengalahkan atlet putri dari daerah lain. Dengan percaya diri, ia telah menyiapkan strategi untuk mengalahkan lawannya. "Saya sudah menyangka akan menang, karena sudah menyiapkan diri dengan baik dan optimis. Pelatih juga sangat mendukung," ujarnya.

Putu Fany juga pernah meraih medali emas di ajang Popda dan Kejurda Pencak Silat Bali Tahun 2022. Ia senang bisa bertanding melawan atlet putri PPLP NTB. "Di semifinal, bertanding melawan atlet putri asal NTB sangat seru. Ada perlawanan yang menarik, semoga nanti bisa lebih baik lagi dan berharap bisa berlaga di ajang Asean Schools Games," tutupnya.

Diketahui bahwa 12 atlet Kalsel sangat membanggakan karena berhasil masuk ke fase semifinal. Akhirnya, Kalsel mampu menempatkan 9 atlet di babak final yang memperebutkan piala Kejurnas Pencak Silat 2024.

Berikut adalah para juara remaja PPLP/PPLPD dan SKO se-Indonesia:

  • Kelas A Putra:

    1. Dafid Hermar/PPLP NTB
    2. M. Zildan Hafidz Ali/PPLP Lampung
    3. Haiqal Fiqriansyah/PPLP Banten
    4. M. Herlan/PPLPD Banjar (Juara Harapan)
  • Kelas B Putra:

    1. Muhammad Sandi Ananda/PPLP Kalsel
    2. Delfianto Yolfan Nahak/SKO Flobamorata NTT
    3. Dodi Kurniawan
    4. Panji Mahadika Ramadhan/PPLP Kepulauan Riau (Juara Harapan)
  • Kelas C Putra:

    1. Haikal Raditya Efendi/PPLP Kepulauan Riau
    2. Elsen Sanjaya/PPLP NTB
    3. Rayhan/PPLPB Tanah Laut
  • Kelas A Putri:

    1. Ni Nyoman Ayu Sarasita Dewi/PPLP Bali
    2. Fitri Rahmadani/PPLPD Samarinda
    3. Marita Ismawati/PPLP Jawa Barat
    4. Aurelia Milan Dasi/SKO Flobamorata NTT (Juara Harapan)
  • Kelas B Putri:

    1. Aprilia Amanda Bele Bau/PPLP NTT
    2. Fradiva Arzeti Calvinia/PPLP Jateng
    3. Ni Kadek Andini Dhana Wijaya/PPLP Bali
    4. Juwita/SKOI Kaltim (Juara Harapan)
  • Kelas C Putri:

    1. Ni Putu Fany Aria Lestari/PPLP Bali
    2. Nur Kholipah/PPLP Jawa Barat
    3. Lena Muliana/PPLP NTB
    4. Chelsia Nining Maron Sareng/PPLP SKO Flobamorata NTT (Juara Harapan)

Penyerahan medali emas, perak, dan perunggu berlangsung khidmat dan penuh haru. (rls/tiwi)

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama