Gubernur Kalsel Terima Bantuan TJSL dari PT PLN untuk Konservasi Alam


PENANAMAN : Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dyan Nur menanam bibit  produktif dan non-produktif  - foto dok https://wasaka.kalselprov.go.id/

TOPRILIS.COM, KALSEL – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dyan Nur, menerima Bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi Banjarbaru. Penyerahan ini berlangsung di Wisata Alam Bukit Batu, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, pada Rabu (11/6/2024) 

Acara yang diadakan oleh PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi Banjarbaru bekerja sama dengan PT PLN Nusantara Power UP Kalselteng ini merupakan bagian dari komitmen PT PLN dalam mendukung program penghijauan dan konservasi alam di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam.

PT PLN memberikan berbagai bantuan, termasuk 1.833 bibit tanaman produktif dan non-produktif, satu kendaraan operasional, 10 alat fitnes outdoor, peralatan bermain anak, tiga lampu solar cell di tiga lokasi, 10 bak sampah, 10 papan himbauan, dan dua gazebo.

Dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Agus Dyan Nur, Paman Birin mengapresiasi PT PLN atas kepedulian dan tanggung jawab sosial mereka melalui program TJSL. “Saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT PLN (Persero) yang telah menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab sosialnya melalui program TJSL ini. Kontribusi ini tidak hanya akan memperbaiki kualitas lingkungan kita, tetapi juga akan membawa manfaat jangka panjang bagi generasi mendatang,” ujar Paman Birin.

Paman Birin juga menekankan pentingnya peran aktif BUMN dalam menjaga kelestarian lingkungan. “Peran aktif BUMN dalam upaya pelestarian lingkungan melalui program TJSL ini sangat penting dan strategis. Penghijauan dan konservasi membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat. Dengan sinergi yang baik, kita bisa mewujudkan lingkungan yang lebih hijau, lebih sehat, dan lebih lestari,” tambahnya.

Selain itu, Paman Birin mengajak seluruh hadirin untuk berpartisipasi aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. “Mari kita jaga dan rawat hutan kita, tanam pohon, kurangi penggunaan plastik, dan lakukan berbagai tindakan kecil yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan,” pesan Paman Birin.

Ia juga berharap program TJSL ini dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk melakukan hal serupa. “Semoga program TJSL ini dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk melakukan hal serupa, membawa manfaat besar bagi alam dan masyarakat Kalimantan Selatan, serta menjadi amal jariyah bagi kita semua,” pungkasnya.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan, Rahayu Arimbi, menyampaikan bahwa program bantuan TJSL ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni. Tema tahun ini, yaitu restorasi lahan, penggurunan, dan ketahanan terhadap kekeringan, mengingatkan pentingnya tindakan masyarakat dalam memulihkan tanah yang terdegradasi serta mitigasi perubahan iklim.

“Program ini adalah bagian dari upaya kami untuk mendukung pelestarian lingkungan dan meningkatkan ketahanan ekosistem lokal. Melalui inisiatif ini, kami berharap dapat berkontribusi pada pemulihan lahan yang terdegradasi dan memperkuat ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim,” ujar Rahayu Arimbi.

PLN berkolaborasi dengan pemerintah provinsi sebagai pemangku kepentingan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam. “Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh generasi mendatang,” kata Rahayu Arimbi.

Acara berakhir dengan penyerahan simbolis TJSL dari PLN Nusantara Power UP Kalselteng kepada Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Fathimatuzzahra, dan Ketua Yayasan Gas Rumah Kaca, Bambang, disaksikan oleh Gubernur Kalsel melalui Agus Dyan Nur. Acara dilanjutkan dengan peninjauan bantuan, peresmian taman Hura-hura, serta penanaman pohon ketapang kencana.

Acara tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda Kalsel, sejumlah SKPD lingkup Kalsel, perwakilan Rektor ULM, Kepala Kadin Kalsel, PLN UP Banjarbaru, PLN Nusantara Power Kalselteng, Camat Aranio, serta tokoh masyarakat dan para undangan lainnya. (rls/tiwi)