KJB Kembali Gelar Basaruan Jilid II

BABARASIH: KJB kembali kembali gelar event Babarasih Aliran Sungai Balangan (Basaruan II) - Foto Dok KJB.

TOPRILIS.COM, KALSEL - Komunitas Jelajah Balangan (KJB) kembali kembali gelar event Babarasih Aliran Sungai Balangan (Basaruan II) sebagai langkah nyata pemerhati lingkungan sungai Balangan pada 27-28 Juli 2024 mendatang.

"Saat ini persiapan kami sudah 70 persen menjelang pelaksanaan kegiatan," kata, Muhammad Annas AlFatihah, Ketua KJB, pada Rabu (19/6/2024).

Kemudian, ia menyebut kini mereka sedang pada tahapan berkonsulidasi lanjutan dengan pihak mitra yang akan terlibat dalam penyelenggaraan event jilid II ini, seperti Dinas LH Kabupaten Balang, Balai Wilayah Sungai (BWS) III Provinsi Kalimantan Selatan, hingga pihak PT Adaro Indonesia.

Untuk kegiatan di event, sambungnya, tidak jauh berbeda di banding Basaruan pertama tahun 2023 lalu, namun pada Basaruan II akan lebih menekankan pada pemeliharaan bantaran sungai dengan memperbanyak penanaman pohon di bantaran sungai, guna mencegah abrasi.

"Dalam event kita ada beberapa kegiatan, diantaranya, memungut sampah yang hanyut atau di bantaran sungai, penanaman pohon, pelepasan anak ikan, penaburan eco enzim dan kampanye untuk menjaga bantaran sungai," ujarnya.

Adapun Peserta yang dijaring untuk terlibat dalam kegiatan Basaruan Jilid II ini, merupakan rekanan para penggiat lingkungan hidup, pecinta alam, relawan kebencanaan dan Komunitas atau Organisasi serupa.

Mereka nantinya, persatu tim terdiri dari 4 orang, yang di bekali dengan 4 buah ban dalam trailer di pompa dan di rakit sedemikian rupa berdasarkan kreatifitas mereka di tambah dengan atribut yang di berikan pihak penyelenggara.

"Berdasarkan pengalaman sebelumnya, para peserta memiliki kreatifitas masing-masing untuk merakit perahu, tidak ada ketentuan dasar," sambungnya.

Terakhir, pada penyenggaraan Basaruan baik tahun lalu dan mendatang kami turut berpartisipasi dalam memeriahkan hari lingkungan hidup internasional. Karena erat kaitannya dengan water sport dan water rescue, makan kami menggandeng Federasi Arung Jeram Indonesia (Faji) Kabupaten Balangan dan BPBD Balangan.

"Untuk mencegah kedaruratan maka kami bekerjasama dengan berbagai pihak terkait, serta para senior kami di Tabalong," tungkasnya.(rls/elhami)


Foto : Peserta Basaruan I 2023 (foto:Dok/HumasKJB)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama