Komisi III DPRD Kalsel Perdalam Program Rehabilitasi RTLH di Surabaya




SIMBOLIS : Penyerahan Cinderamata dari komisi III DPRD Kalsel ke DPRD Kota Surabaya - Foto dok dprdkalselprov.id 

TOPRILIS.COM, SURABAYA – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus memperdalam program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banua. 

Program ini mencakup berbagai aspek, termasuk mitigasi bencana alam seperti banjir, yang sering terjadi di Kalsel.

"Kalsel, seperti banyak daerah lain di Indonesia, rentan terhadap bencana alam. Membangun atau merenovasi rumah dengan standar yang lebih baik dapat meningkatkan ketahanan terhadap bencana, sehingga mengurangi kerugian dan kerusakan di masa depan"ujar Gusti Abidinsya,Sekretaris Komisi III.

Untuk mempelajari praktik terbaik dalam program RTLH, Komisi III DPRD Kalsel melakukan kunjungan ke DPRD Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa (11/06/2024). 

Kedatangan Komisi III DPRD Kalsel ini diterima oleh Dr. Akmarawita Kadir, anggota fraksi Golkar, yang menjelaskan bahwa program RTLH di Surabaya, yang dikenal sebagai Tutilahu, sudah berjalan lama dan terus berlangsung dengan lancar. 

Setiap tahun, sekitar seribu unit rumah direnovasi, namun kebutuhan masih tinggi, sehingga pemerintah kota bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan program tersebut.

"Alhamdulillah, dari pertemuan ini kami mendapatkan banyak masukan tentang bagaimana Kota Surabaya mempercepat pencapaian target dengan memperkuat fungsi pengawasan. Kami juga akan mencoba menganggarkan lebih untuk setiap rumah agar bisa dilengkapi dengan sanitasi," pungkasnya. (rls/tiwi)