Pembangunan Kantor Baru DPRD Kalsel Telan Dana APBD 2024 Sebesar Rp48,7 Miliar

    SIMBOLIS : Gubernur Kalsel Sahbirin Noor lakukan Ground Breaking Gedung DPRD - Foto dok Humas DPRD Kalsel

TOPRILIS.COM, KALSEL - Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan yang baru akan dibangun dengan anggaran sebesar Rp48,7 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024.

Pembangunan ini merupakan bagian dari pemindahan ibu kota provinsi dari Banjarmasin ke Banjarbaru, yang dimulai sejak 16 Maret 2022. Seluruh perkantoran pemerintah provinsi dan instansi vertikal akan terpusat di Banjarbaru. 

Kantor DPRD yang lama di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, dinilai tidak lagi representatif dan tidak mampu menampung kegiatan DPRD Provinsi Kalsel.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Ahmad Solhan, mengungkapkan bahwa desain kantor yang baru akan mengadopsi konsep modern dengan adaptasi rumah adat Gajah Baliku dan konsep Green Building.

"Luas lahannya 2,9 hektare dan pembangunan dimulai dengan pemasangan pondasi dan struktur bangunan tahun ini," ungkap Solhan.

Proyek pembangunan kantor baru ini memiliki nilai kontrak Rp48,7 miliar dengan jangka waktu pelaksanaan selama 225 hari kalender. Proyek ini akan dikerjakan oleh PT Wiratama Graha Raharja, sebuah perusahaan asal Surabaya, Jawa Timur.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, yang akrab disapa Paman Birin, menegaskan bahwa pemindahan perkantoran provinsi ke Banjarbaru bertujuan untuk mempersingkat waktu dan mempercepat komunikasi yang semakin terpusat. 

"Pembangunan infrastruktur, baik itu jembatan, jalan, atau infrastruktur lainnya, harus selalu berorientasi pada hajat hidup orang banyak," jelasnya.

Dengan pembangunan kantor DPRD yang baru, diharapkan fasilitas yang lebih representatif dan modern dapat mendukung kelancaran kerja DPRD Provinsi Kalsel dalam melayani masyarakat.(rls/tiwi)





 

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama