Pemerintah Siapkan Rp9 T untuk Lanjutkan Bansos Beras Agustus-Desember 2024

BANSOS: Pemerintah menyiapkan Rp9 triliun untuk melanjutkan bansos beras 10 kilogram (kg) - Foto Net.

TOPRILIS.COM, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan Rp9 triliun untuk melanjutkan bansos beras 10 kilogram (kg) bagi 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan dana untuk lanjutan bantuan pangan itu diputus dalam rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun bantuan pangan beras 10 kilogram untuk tahap tiga itu akan berlanjut pada Agustus, Oktober, dan Desember 2024.

"Bantuan pangan ini diputus dalam rapat internal sama Pak Presiden, (dilanjutkan) bulan delapan, 10 dan 12. (Anggarannya) sekitar Rp9 triliun," kata Arief seperti dikutip dari Antara, Jumat (7/6).

Ia menjelaskan bansos pangan itu memang tak konsisten digelontorkan selama 12 penuh. Sebab, pemerintah menyesuaikan dengan anggaran di APBN.

"Karena kita lihat juga fiskal, jangan hanya untuk pemenuhan bantuan pangan, tapi kegiatan yang lain yang penting juga jangan sampai tertinggal, itu keputusannya dalam rapat kabinet," jelas Arief.

Menurutnya, bansos pangan membuktikan bahwa kehadiran dan perhatian pemerintah yang terus menyokong perekonomian 22 juta keluarga penerima manfaat.

"Sebanyak 22 juta keluarga itu kalau secara individu bisa sampai sekitar 89 juta atau artinya hampir sepertiga rakyat Indonesia yang diberikan beras Bulog yang berkualitas baik dari pemerintah," ucapnya.(CNN Indonesia/elh)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama