Sosialisasi Tanggap Bencana Bagi Anggota Pramuka Saka Anti Narkoba 

SOSIALISASI: Sosialisasi Tanggap Bencana Bagi Anggota Pramuka Saka Anti Narkoba, Sabtu (29/6/2024) bertempat di halaman kantor BNN Kabupaten Balangan - Foto Dok BPBD Balangan. 

TOPRILIS.COM, KALSEL - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan menggelar Sosialisasi Tanggap Bencana Bagi Anggota Pramuka Saka Anti Narkoba, Sabtu (29/6/2024) bertempat di halaman kantor BNN Kabupaten Balangan. 

Dalam kegiatan ini BNN Kabupaten Balangan menggandeng BPBD Balangan sebagai pemateri yang memberikan wawasan dan pengetahuan ilmu tentang kebencanaan.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, Jumaidil Hairi mengatakan, peserta anggota Pramuka Saka Anti Narkoba binaan dari BNN Kabupaten Balangan ini terdiri dari 2 Regu Tingkat Penegak dari beberapa siswa SLTA yang berada di Kabupaten Balangan. 

"Adapun materi yang disampaikan yaitu tentang mengenal jenis bencana yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Balangan dan cara pencegahannya spesifik materi pencegahan terjadinya kebakaran di pemukiman, kemudian tim dari Bidang 1 BPBD juga melakukan simulasi cara pemadaman terjadinya kebakaran di pemukiman khususnya di dapur sebelum api itu menjadi lebih membesar," jelasnya. 

Lebih lanjut disampaikannya, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana. 

Ia juga berpesan dan memberi arahan kepada peserta untuk tetap meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, tidak hanya di sekolah namun juga kepada masyarakat sekitar. 

“Diharapkan peserta dapat memperoleh pengetahuan dan kemampuan praktis, khsusunya bagi Anggota Pramuka Saka Anti Narkoba dalam menghadapi ancaman bencana," tuturnya. 

Ia menyampaikan, bahwa peran Pramuka dalam meningkatan ketahanan bencana di tingkat lokal sangatlah penting. 

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan anggota Pramuka Saka Anti Narkoba akan menjadi agen perubahan positif dalam penanggulangan bencana di komunitas mereka masing-masing," pungkasnya.(rls/elhami)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama