18 Cabang Olahraga Tradisional Dipertandingkan di Festival Budaya IMBT 2024

SAMBUTAN: Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum H Yaser Arapat menyampaikan laporan ketua panitia kegiatan FBIMBT tahun 2024 di eks bandara beringin Muara Teweh - Foto Dok Nett


BANUATODAY.COM, KALTENG- Dalam pelaksanaan kegiatan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) tingkat Kabupaten Barito Utara (Barut) tahun 2024, sebanyak 18 cabang olahraga tradisional yang dipertandingkan.

Dalam laporan ketua panitia kegiatan Drs Jufriansyah melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Setda, H Yaser Arapat mengatakan, kegiatan FBIMBT tahun 2024 diikuti 9 kecamatan di Barut.

“Untuk jumlah peserta dalam kegiatan Festival Budaya IMBT ini sebanyak 932 orang peserta dari 9 kecamatan di Kabupaten Barut. Lalu 18 cabang lomba tradisional yang dipertandingkan dalam kegiatan ini,” kata H Yaser Arapat.


Adapun ke 18 cabang lomba tersebut yaitu Tari Pedalaman sebanyak 16 tim, Tari Pesisir sebanyak 9 tim, Karungut sebanyak 31 orang, Dongkoi sebanyak 38 orang, Japen sebanyak 19 orang, Lagu Daerah sebanyak 46 orang, Manyipet sebanyak 39 orang.

Kemudian Fotografi diikuti sebanyak 44 orang, Videografi diikuti sebanyak 17 orang, Mangenta diikuti 4 kecamatan, Malamang diikuti 7 kecamatan, Dayung diikuti 5 kecamatan, Besei Kambe diikuti 6 kecamatan, Sepak Sawut diikuti 8 kecamatan, Mangaruhi diikuti 8 kecamatan, Manetek Kayu diikuti 8 kecamatan, Balogo diikuti 8 kecamatan dan Bagasing diikuti 8 kecamatan.

FBIMBT berlokasi di beberapa titik yaitu Bandara Lama (Tari Pedalaman ,Tari Pesisir, Manetek Maneweng Manyila Kayu, Mangaruhi, Mangenta Dan Malamang), Arena Terbuka Tiara Batara (balogo, bagasing, manyipet), Pelabuhan Polres (besei kambe dan dayung tradisional) dan Lapangan Yonif - Kompi (sepak sawut) serta aula Disbudparpora (lagu daerah, dongkoi, karungut dan menyanyi japen).

“Sementara untuk kegiatan Batara Expo tahun 2024 ini dalam pelaksanaannya kita mengambil lokasi di eks Bandara Beringin Jalan Pendreh letaknya yang sangat strategis karena berada di tengah-tengah pusat kota Muara Teweh dan dapat diakses dengan mudah oleh semua masyarakat,” jelasnya.

Untuk fasilitas yang disediakan pada lokasi Batara Expo berupa tenda sarnafil uk. 5x5 + instalasi + mcb 2 ampere untuk SOPD sebanyak 45 unit, tenda sarnafil uk. 3x3 + instalasi + mcb 2 ampere untuk UMKM & Perusahaan, panggung untuk kegiatan pentas seni dan lainnya sebanyak 1 buah serta dan beberapa fasilitas lainnya.

“Untuk penampungan peserta Festival Budaya IMBT, beberapa kontingen seperti Gunung Purei, Teweh Timur dan Gunung Timang menginap di Betang Barut. Dan peserta lainya ditampung di tempat masing–masing,” bebernya.

Untuk kegiatan Batara Expo di Kabupaten Barut dilaksanakan selama 10 hari, yaitu dari 26 Juli sampai dengan 4 Agustus 2024. Sedangkan untuk pelaksanaan FBIMBT dilaksanakan sejak 25 - 29 Juli 2024.

Lebih lanjut Yaser Arapat mengatakan, Batara Expo dan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan digelar memeriahkan dan menyemarakan Hari Jadi ke 74 Kabupaten Barut, serta memberi dorongan dan kesempatan dapat mengintegrasikan promosi dan informasi produk-produk unggulan dari Kabupaten Barut dan memamerkan hasil-hasil pembangunan diberbagai sektor yang telah dicapai selama ini.

Selain itu, jelasnya, menjaring atlet olahraga tradisional, seniman dan seniwati daerah yang nantinya akan mewakili Kabupaten Barut pada event Festival Budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2025.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama