BPBD Balangan Ikuti Diklat Penyelenggaraan Pemerintahan Saat Tanggap Darurat dan Pasca Bencana

DIKLAT: Pejabat BPBD Balangan mengikuti kegiatan Diklat Penyelenggaraan Pemerintahan Saat Tanggap Darurat dan Pasca Bencana - Foto Dok BPBD Balangan.


*Tingkatkan Kompetensi dan Sertifikasi

TOPRILIS.COM, KALSEL - Pejabat BPBD Balangan ikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penyelenggaraan Pemerintahan Saat Tanggap Darurat dan Pasca Bencana bertempat di Hotel Orchardz Jayakarta, Jakarta 23 s.d. 26 Juli 2024.

Diketahui kegiatan diklat ini merupakan yang perdana dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi, Sabtu (27/7/2024) mengatakan, mengingat penting dan urgent diklat ini BPBD Balangan akhirnya mengikuti, karena menyangkut potensi dan juga sertifikasi yang harus dimiliki oleh seluruh pejabat di lingkup BPBD Balangan, sehingga mengikutinya secara maksimal.

"Karena diklat penyelenggaraan pemerintahan pasca bencana saat ini melibatkan dari pimpinan kepala pelaksana, sekretaris, seluruh kabid dan para kasubbag guna memenuhi standar kompetensi indeks profesionalisme ASN kita," ujarnya.

Menurutnya, sertifikasi yang diakui adalah yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memenuhi standar sertifikasi kompetensi sebagai penyelenggara penanggulangan bencana, kemudian dalam rangka menambah kompetensi dan wawasan dibidang manajemen penyelenggaran pemerintahan saat tanggap darurat dan pasca bencana.

"Materi-materi yang disampaikan sangat sesuai sekali dengan kebutuhan kami dalam mengampu tugas-tugas didalam penanggulangan bencana dan narasumbernya pun langsung dari lembaga atau kementerian terkait yaitu dihadiri oleh pejabat setingkat pembuat regulasi seperti sekjend, dirjen, direktur, sub direktur. Jadi sangat berhubungan sekali dengan lintas sektor dan multi kolaborasi," ungkapnya.


Ia mengharapkan, melalui kegiatan ini seluruh pejabat dilingkup BPBD Balangan meningkat kinerjanya, kompetensi dan kemampuannya didalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dibidang penanggulangan bencana.

"Mudahan juga diklat kedepan kami perluas lagi dengan mengikutkan rekan para JF dan lainnya agar meningkat kompetensi dan wawasannya, serta memiliki sertifikasi dalam menjalankan tugas," pungkasnya.(rls/elhami)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama