Diusung Tradisi Batang Rape, Paman Birin Disambut Antusias Warga Tanjung Seloka Kotabaru

DIARAK : Turdes ke- 10 Paman Birin Kunjungi Desa Seloka Kec. Pulau Laut Selata - Foto dok wasaka.kalselprov.go.id

TOPRILIS.COM, KOTABARU -  Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengunjungi Kecamatan Pulau Laut Kepulauan ke Desa Tanjung Seloka, Kecamatan Pulau Laut Selatan, Kotabaru, Selasa (2/7/2024)

Kedatangan Paman Birin bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kalsel, Muhammadun, disambut dengan antusias oleh warga Tanjung Seloka. Warga menyambut rombongan dengan tradisi suku Bugis Mandar, yakni tradisi Batang Rape, berupa arak-arakan atau pawai.

Setibanya di lokasi acara, Paman Birin langsung menyerahkan bantuan alat sekolah kepada masyarakat Desa Tanjung Seloka. Selain itu, ia juga melakukan penanaman pohon di SMA 1 Pulau Laut Selatan. Kegiatan Turdes di desa ini juga mencakup sunatan massal, pemberian makanan tambahan (PMT), dan pembagian sembako.

Dalam interaksinya dengan warga, Paman Birin bertanya kepada seorang anak yang namanya serupa dengan sang gubernur. Anak tersebut, yang bernama Birin, dengan senyum mengakui namanya. Paman Birin kemudian memberikan uang senilai Rp1 juta kepada anak kelas 6 tersebut.

Di hadapan warga Tanjung Seloka, Paman Birin menyampaikan rasa terima kasih atas partisipasi warga yang selama ini patuh membayar pajak. "Karena dengan pajak itulah, pemerintah bisa melakukan pembangunan di kabupaten/kota se-Kalsel," ujarnya.

Selama kunjungan, rombongan Turdes Paman Birin juga disuguhi tarian khas Mandar yang dibawakan oleh warga Desa Tanjung Seloka. (rls/tiwi)

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama