Gubernur Kalsel Hadiri Rakernas One Map Policy Summit 2024 di Jakarta


BERSALAMAN : Gubernur Kalsel Sahbirin Noor nampak akrab bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto - foto dok wasaka.kalselprov.go.id

TOPRILIS.COM,JAKARTA -  Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, yang akrab disapa Paman Birin, hadir dalam Rapat Kerja Nasional Kebijakan Satu Peta (One Map Policy/OMP) Summit 2024 di Hotel St Regis, Jakarta, pada Kamis (11/7/2024). Rakernas ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, selaku Ketua Tim Kebijakan Satu Peta.

Paman Birin menyatakan kehadirannya sebagai wujud dukungan dan komitmen Pemerintah Provinsi Kalsel terhadap kebijakan OMP. “Alhamdulillah, kita turut menghadiri Rakernas dan Pemprov Kalsel sangat mendukung kebijakan satu peta yang dilaksanakan pemerintah pusat,” ujarnya.

Kebijakan Satu Peta bertujuan memperbaiki kualitas rencana tata ruang, mempercepat penetapan batas daerah, serta mendukung masterplan pengembangan beberapa kawasan di Indonesia. Pelaksanaan kebijakan ini melibatkan 24 kementerian/lembaga, 34 provinsi, dan mencakup 158 peta tematik yang meliputi Informasi Geospasial Tematik (IGT) tentang perencanaan ruang, status, potensi, perekonomian, keuangan, kebencanaan, perizinan pertanahan, dan kemaritiman.

Hadir dalam rakernas OMP antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Badan Informasi Geospasial Muhammad Aris Marfai, dan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, dalam laporannya menyebutkan bahwa rangkaian kegiatan OMP Summit 2024 meliputi Rakernas serta diskusi yang melibatkan beberapa pihak terkait, seperti KPK, perusahaan, NGO, dan akademisi. “Sebelum dilaksanakan pada acara hari ini, sudah ada sekian banyak rangkaian acara pre-event dan juga non-event pada hari ini dan sampai dengan besok,” ungkapnya.

OMP Summit 2024 melibatkan mahasiswa, pemerintah pusat dan daerah, asosiasi profesi, dunia usaha, dan berbagai NGO untuk berpartisipasi. Geospatial Challenge yang diikuti oleh banyak perguruan tinggi dan mahasiswa juga menjadi bagian dari kegiatan ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, berharap OMP Summit 2024 dapat merumuskan strategi kebijakan satu peta dan penyelesaian serta arah kebijakan OMP ke depan. “Ada tiga agenda utama: kemajuan kebijakan satu, penyelesaian ketidaksesuaian pemanfaatan ruang, dan keberhasilan kebijakan satu peta setelah 2024,” ujarnya.

Kebijakan Satu Peta atau OMP merupakan upaya perwujudan satu peta yang mengacu pada satu referensi geospasial, satu standar, satu basis data, dan satu geoportal, sehingga dapat menjadi acuan yang akurat dan akuntabel dalam pelaksanaan berbagai kegiatan dan perumusan kebijakan berbasis spasial. Kebijakan ini juga dapat dijadikan acuan bersama dalam penyusunan kebijakan terkait penataan dan pemanfaatan ruang.

Rakornas OMP Summit 2024 diakhiri dengan penyerahan penghargaan atau apresiasi atas rencana aksi kebijakan satu peta kepada pemerintah daerah dan kementerian/lembaga terkait.(rls/tiwi)

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama