Gubernur Kalsel Pimpin Turdes Melintasi Keindahan Pegunungan Meratus

TURDES : Gubernur Kalsel Melintasi Pegunungan Meratus - foto dok wasaka.kalselprov.go.id

TOPRILIS.COM,KALSEL — Pegunungan Meratus yang megah dengan gugusan karstnya yang memukau menjadi jalur yang dilintasi oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, bersama jajaran Forkopimda Kalsel menggunakan motor trail usai menghadiri acara di Mantewe, Tanah Bumbu, pada Rabu (3/7/2024) sore.

Tim Turdes, dipimpin oleh Paman Birin, melanjutkan perjalanan menuju Paramasan, Kabupaten Banjar, melintasi gugusan karst Pegunungan Meratus yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Kawasan ini terkenal dengan keunikan alamnya yang mencakup keragaman geologi, hayati, dan budaya luhur.

Paman Birin ingin mempromosikan keindahan Geopark Meratus melalui acara Turdes Menembus Batas ke-10 ini. Kawasan Geopark Meratus merupakan aset yang menawarkan eksotisme alam luar biasa dan bebatuan yang menawan. Paman Birin tampak menikmati keindahan alam selama perjalanan melintasi gugusan karst di Mantewe.

Menurut Paman Birin, keindahan Geopark Meratus adalah kebanggaan Banua dan diharapkan dapat meningkatkan pariwisata serta perekonomian daerah. Ia juga bertujuan untuk mempromosikan keindahan alam Kalimantan Selatan kepada peserta turdes dari berbagai daerah. Sejak Paman Birin mendeklarasikan Pegunungan Meratus sebagai Geopark Nasional, kawasan ini telah didaftarkan ke UNESCO.

Sebagai upaya melestarikan dan menjaga eksotisme kawasan tersebut, Paman Birin menekankan pentingnya pelestarian alam, pengembangan wisata, dan budaya. “Kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga kelestarian Geopark Meratus,” ujar Paman Birin. Ia berharap generasi mendatang dapat menikmati keindahan dan kekayaan alam yang ada saat ini.

Paman Birin menjelaskan misi besar ini tergambar dalam slogan geopark, yaitu “Melestarikan Bumi Mensejahterakan Masyarakat,” melalui tiga pilar penting: konservasi, edukasi, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pengembangan Geopark Meratus juga melibatkan peningkatan infrastruktur, memperkuat jejaring dengan geopark nasional dan internasional, serta meningkatkan promosi wisata.

“Kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga dan mempromosikan keberadaan Geopark Meratus ini dengan baik,” tandasnya.

Sebagai informasi, Pegunungan Meratus merupakan pegunungan dengan gugusan kerak samudra (ofiolit) tertua di Indonesia dan bahkan dunia.(rls/tiwi)

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama