Gubernur Kalsel Resmi Buka Banua Triathlon 2024 dengan Meriah

PEMBUKAANStaf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Adi Santoso, resmi membuka acara Banua Triathlon 2024 di Kebun Raya Banua pada Sabtu (13/07/24) pagi - Foto - wasaka.kalselprov.go.id

TOPRILIS.COM,KALSEL - Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Adi Santoso, resmi membuka acara Banua Triathlon 2024 di Kebun Raya Banua pada Sabtu (13/07/24) pagi. Acara yang diikuti oleh 151 atlet ini dibuka dengan meriah, diiringi kembang api dan pertunjukan kesenian tradisional khas Banjar oleh kelompok sinoman hadrah.

Acara pembukaan berlangsung di tepi danau yang menjadi titik awal bagi para atlet. Kompetisi ini melibatkan tiga cabang olahraga: renang, sepeda, dan lari. Atlet mengikuti tiga kategori: Sprint (750 m renang, 20 km sepeda, dan 5 km lari), Standard (1500 m renang, 40 km sepeda, dan 10 km lari), dan Relay (750 m renang, 20 km sepeda, dan 5 km lari).

Gubernur Paman Birin, dalam sambutannya, menekankan pentingnya ajang ini dalam mempromosikan pariwisata di Kalimantan Selatan. "Banua Triathlon 2024 merupakan ajang bergengsi yang bertujuan untuk meningkatkan objek pariwisata di Kalsel. Sehingga, nantinya akan dikenal oleh pelancong nasional maupun mancanegara," ujarnya.

Paman Birin juga menyoroti dampak positif dari acara ini terhadap perekonomian lokal. "Ajang ini akan mendorong perekonomian warga sekitar melalui produk ekonomi kreatif, serta mengembangkan kawasan wisata pantai dan pegunungan," tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, Syarifuddin, melaporkan bahwa acara ini diikuti oleh atlet dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jogjakarta, Jakarta, Jawa Timur, Lampung, dan Sulawesi Tengah. "Event ini memfasilitasi para atlet untuk menikmati kawasan alam di Kalsel melalui olahraga renang, bersepeda, dan lari," ungkapnya.

Salah satu peserta, Yos Sidarta (62) dari Malang, mengikuti kategori Sprint. "Ini kegiatan luar biasa, saya mengikuti kategori Sprint Triathlon. Wah, seru banget karena alamnya indah dan venue-nya sangat steril," kata Yoses Beal, sapaan akrabnya. 

Yoses juga mengungkapkan tantangan yang dihadapi saat melintasi Kebun Raya Banua. "Naik sepedanya menantang sekali karena naik turun, naik turun. Saya baru mengerti, ternyata kantor-kantor besar gubernuran juga ada di sini. Dan ini sangat keren, karena kita juga berenang di embung," ujarnya.

Menurut Yoses, ajang Triathlon di Banua hanya kalah menarik dibandingkan dengan Bintan, Kepulauan Riau. "Ini pengalaman pertama untuk Triathlon yang membuat saya kuat hingga finish," tambahnya.

Banua Triathlon 2024 juga menghadirkan empat nomor pertandingan yakni Olympic Triathlon, Sprint Triathlon, Mixed Team Relay, dan Aquathlon Exhibisi dengan total hadiah Rp100 juta. Acara ini turut dihadiri oleh Tenaga Ahli Gubernur Noor Aidi, Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan Syarifuddin, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Sulkan, serta Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Kalsel Ahmad Bagiawan.(rls/tiwi)

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama