Istana Siapkan Sidang Kabinet Perdana di IKN

DISIAPKAN: Istana menyiapkan sidang kabinet perdana Presiden RI Jokowi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan - Foto Net.

TOPRILIS.COM, JAKARTA - Istana menyiapkan sidang kabinet perdana Presiden RI Jokowi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono tak mengonfirmasi apakah sidang kabinet perdana di IKN digelar akhir bulan ini. Ia hanya memastikan Sekretariat Presiden menyiapkan apa pun keputusannya.

"Ada sidang kabinet atau tidak, kami Sekretariat Presiden bersama PUPR mempersiapkan segala sesuatu untuk menyiapkan kebutuhan kantor di sana," kata Heru di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7).

Heru mengatakan Jokowi memang ada jadwal kunjungan kerja ke IKN pada Minggu (28/7). Jokowi akan menginap satu atau dua hari di sana.

Akan tetapi, agenda yang sudah terjadwal adalah peresmian tol. Heru tak memastikan apakah sudah ada jadwal sidang kabinet di sana.

"Nanti setelah tanggal 28 jadi, mungkin beliau ada beberapa kali lagi ke IKN sebelum menjelang 17 Agustus. Kan masih ada kegiatan kunker dan lain-lain," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi berencana berkantor di IKN mulai Juli 2024. Rencana itu menyusul pembangunan IKN tahap pertama yang hampir rampung.

Rencana berkantor itu sempat tersendat karena beberapa kendala, seperti belum tersambungnya saluran air. Begitu pula dengan faktor cuaca yang memaksa pembangunan terhenti sementara.

"Airnya sudah siap belum? listriknya sudah siap belum? tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah," ucap Jokowi saat ditemui di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7).

Sementara itu, terbaru otoritas IKN menyatakan air telah masuk ke wilayah Nusantara. Dengan masuknya air minum itu semakin membuka kemungkinan Jokowi berkantor di IKN Nusantara dalam waktu dekat.

Pada Rabu ini, Basuki di dalam keterangan tertulisnya menyatakan telah memastikan air minum mengalir di IKN.

Hal itu diungkapnya setelah pengetesan dilakukan dengan mengalirkan air dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku menuju Reservoir Induk IKN Nusantara.

Basuki menargetkan air minum sudah bisa dipakai akhir Juli ini.

"Kita berharap air minum ini sudah dapat dimanfaatkan pada beberapa hari ke depan," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Rabu.

Basuki berkata pihaknya terus mengecek kualitas air. Nantinya, air itu dialirkan ke perumahan dan perkantoran di IKN.

Dia menegaskan air yang disiapkan bukan sekadar air putih. Kualitas air ini sangat baik sehingga bisa diminum oleh masyarakat.

"Ini air minum, bukan hanya air bersih. Air dari keran di apartemen dan rumah di IKN langsung dapat diminum," ujarnya.(CNN Indonesia/elh)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama