Paman Birin Ziarah ke Makam Syekh Muhammad Nafis saat Turdes di Tabalong

BERZIARAH : Gubernur Kalsel bersama tim turdes ziarah ke makam Syekh Muhammad Nafis bin Ideris bin Husein di Desa Binturu - foto dok wasaka.kalselprov.go.id

TOPRILIS.COM, KALSEL – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin, menunjukkan rasa takzimnya kepada ulama besar dengan berziarah ke makam Syekh Muhammad Nafis bin Ideris bin Husein di Desa Binturu, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong, Kamis (5/7/2024) malam.

Kegiatan ziarah ini dilakukan usai Paman Birin dan rombongan menyelesaikan rangkaian turdes (turun ke desa) dihari keempat di Puskesmas Kecamatan Tanjung.

Syekh Muhammad Nafis adalah penyebar Islam yang sangat berjasa dalam membangun masyarakat agamis.

Penulis kitab terkenal tentang tasawuf berjudul Ad-Durrun Nafis, yang tersebar luas di Nusantara dan Asia Tenggara, Syekh Muhammad Nafis lahir sekitar tahun 1735 di Martapura, Kabupaten Banjar, dan wafat sekitar tahun1812 Masehi di Desa Binturu, Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong pada usia 77 tahun.

Kehadiran orang nomor satu di Kalsel ini menjadi bukti penghormatan dan meneladani kepada Syekh Muhammad Nafis, ulama besar yang telah berjasa dalam menyebarkan ilmu agama di Kalsel dan sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin mengungkapkan bahwa ziarah ini adalah salah satu bentuk penghormatan kepada para ulama yang telah berjasa dalam menyebarkan ajaran Islam di daerah tersebut.

“Kita harus selalu mengingat jasa-jasa ulama kita, mereka yang telah membimbing kita dengan ilmu dan kebijaksanaan,” ujar Paman Birin.

Paman Birin pun berharap agar para generasi muda dapat meneladani semangat Syekh Muhammad Nafis dalam menyebarkan ilmu agama dan membangun masyarakat yang berakhlak mulia.

Banyak warga yang ingin bersalaman dan berfoto dengan Paman Birin, mereka mendoakan agar Paman Birin selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam memimpin Kalsel, tak sedikit pula yang mendoakan agar segala hajatnya terkabul.

Paman Birin sendiri terlihat senang dengan sambutan hangat dari masyarakat. Beliau menyapa dan menyalami warga dengan ramah.

Dalam momen penuh khidmat tersebut, Paman Birin didampingi oleh Guru Supian Al-Banjari dan sejumlah Kepala SKPD lingkup Kalsel. (rls/tiwi)

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama