Puskesmas Paringin Optimalkan Waktu Tunggu di Apotek dengan Resol Mayu

RESOL MAYU: Petugas apotik Puskesmas Paringin saat menjalankan inovasi Resol Mayu - Foto Dok Puskesmas Paringin.

TOPRILIS.COM, KALSELUntuk meminimalisir waktu tunggu di Apotek, UPTD Puskesmas Paringin luncurkan inovasi Resol Mayu (Resep Online untuk Masyarakat Umum) pada tahun 2022 kemarin.


Inovator dari Resol Mayu, Adit, Selasa (2/7/2024) menyampaikan, bahwa tujuan dibuatnya inovasi adalah untuk mengoptimalkan waktu tunggu dan mengurangi risiko medication error berupa kesalahan pembacaan resep di Apotek.

“Saya melihat banyak sekali kekurangan dari penggunaan resep kertas sebagai media resep obat di Apotek, mulai dari waktu tunggu yang kurang optimal, tulisan dokter yang tidak terbaca oleh petugas farmasi, serta arsip kertas resep yang terkadang tidak lengkap di setiap bulannya. Oleh karena itu, saya mencoba untuk mengubah metode peresepan yang awalnya adalah resep kertas menjadi reseponline (e-prescribing)," jelasnya.

Adit juga menyebut bahwa dari inovasi Resol Mayu sudah banyak memberikan manfaat baik untuk pasien ataupun dari Tenaga Kesehatan di UPTD Puskesmas Paringin sendiri.

“Sudah banyak berdampak, pasien sudah tidak perlu lagi membawa resep kertas ke Apotek, sehingga meminimalisir kehilangan resep saat perjalanan menuju Apotek,” sebutnya.


Ia pun berharap, kedepannya penggunaan resep online bisa terus digunakan dan bisa terus memberi manfaat baik untuk pasien ataupun Tenaga Kesehatan di dalam gdeng UPTD Puskesmas Paringin.(rls/elhami)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama