Resmikan SPKLU Kemitraan Pertama di Kalsel, Kini Duta Mall Siap Manjakan Pengguna EV

SINERGI: Sinergi dengan Duta Mall Banjarmasin, PLN Kalselteng hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama yang berada di pusat keramaian dengan sistem kemitraan - Foto Dok PLN.

TOPRILIS.COM, KALSEL - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) terus perbanyak jumlah infrastruktur pengisian baterai listrik di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Kali ini, bersinergi dengan Duta Mall Banjarmasin, PLN Kalselteng hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama yang berada di pusat keramaian dengan sistem kemitraan.

SPKLU dengan tipe SPKLU Fast Charging 47 kilowatt (kW) dan Medium Charging 22 kW kini siap melayani pengguna Electric Vehicle (EV) yang berkunjung ke Duta Mall Banjarmasin.

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin menyampaikan, bahwa SPKLU kemitraan di Duta Mall Banjarmasin menjadi kado istimewa dari PLN bertepatan HUT Duta Mall ke-18.

“Kami berikan kado istimewa untuk Duta Mall dengan SPKLU Kemitraan pertama di Kalimantan Selatan. Ini juga menjadi simbol sebuah sinergi PLN dengan Duta Mall menyambut era energi masa depan,” ujar Joharifin saat memberikan sambutan pembuka pada Sabtu (20/7) di Atrium Duta Mall Banjarmasin.

Joharifin mengatakan PLN mengapresiasi manajemen Duta Mall atas kerjasama pembangunan SPKLU kemitraan ini.

“Kita memiliki semangat yang sama, yakni meningkatkan ekosistem penggunaan EV di Kalsel agar kita bisa sama-sama memperbaiki kondisi lingkungan dengan menyediakan infrastruktur pengisian ulang transportasi ramah lingkungan,” tuturnya.

SPKLU Duta Mall menjadi nomor 17 (tujuh belas) yang ada di Kalimantan Selatan, sehingga total SPKLU PLN yang beroperasi di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah berjumlah 23 unit.

“SPKLU Duta Mall ini menjadi SPKLU ke-23 yang kami operasikan. 17 SPKLU di Kalimantan Selatan dan 6 SPKLU di Kalimantan Tengah. Kami akan menambah 24 SPKLU lagi, sehingga di akhir tahun ini secara total akan berjumlah 47 SPKLU yang siap melayani masyarakat.” tandas Joharifin.

General Manager Duta Mall, Tumpal MP Silalahi selaku penyedia lokasi menyambut baik hadirnya SPKLU dari PLN, sebab menurutnya kebutuhan tempat isi ulang mobil listrik di mall sangat diperlukan oleh para pengunjung.

“Ini adalah momen yang sangat kami nantikan dan akhirnya bisa terwujud. Kami bisa melihat bahwa ekosistem pengguna mobil listrik di Kalimantan ini sudah semakin banyak dan kebutuhan tempat isi ulang sangat dibutuhkan terutama di tempat seperti mall ini,” ujar Tumpal ketika memberikan sambutannya saat peresmian SPKLU di Duta Mall Banjarmasin.

Ia menambahkan, Mall terbesar di Kalsel ini akan terus berkembang sehingga tentunya turut mengundang banyaknya pengunjung dengan berbagai moda transportasi baik konvensional maupun yang elektrik.

“Hadirnya SPKLU ini akan menjadi jalan bagi kami untuk turut serta dalam perbaikan lingkungan kualitasnya berkurang akibat dampak emisi emisi gas rumah kaca. Jadi kami bisa kampanye agar masyarakat bisa beralih ke moda transportasi yang menggunakan energi ramah lingkungan seperti mobil listrik,” imbuhnya.

Tumpal juga berkomitmen untuk bisa melayani pengguna EV yang berkunjung di Mall dibawah naungan manajemen Duta Mall, sehingga jika pembangunan mall mereka di Palangka Raya selesai, maka ia juga berharap akan dibangunkan SPKLU juga.

“Nanti jika Duta Mall Palangka Raya selesai, kami berharap akan ada SPKLU juga, jadi konsumen bisa berbelanja sambil melakukan pengisian ulang Mobil Listriknya.” ucap Tumpal.

Senada, Kepala Bidang Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) Ombudsman Kalsel, Maulana memberikan apresiasi kepada PLN dan Duta Mall karena telah berkontribusi mewujudkan ketersediaan infrastruktur pendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik.

“Sejarah baru bagi masyarakat Kalsel dengan hadirnya SPKLU pertama di Mall. Kami sangat mengapresiasi dan mendukung langkah ini, sebab selaras dengan program Green Environment pemerintah Provinsi Kalsel,” ujar Maulana

Kedepan ia berharap akan lahir lagi SPKLU Kemitraan dengan pihak lainnya sehingga akan semakin banyak pihak yang berkontribusi dalam penyediaan infrastruktur pengisian ulang EV di Banua tercinta.

Sementara itu, Febriani Yohana seorang dokter dan pengguna EV di Banjarmasin menyambut baik adanya SPKLU di kawasan pusat perbelanjaan Duta Mall Banjarmasin tersebut.

“Yang ditunggu sejak lama akhirnya hadir juga, yakni SPKLU di mall, jadi saya lebih nyaman mengisi ulang mobil sambil berbelanja atau ngopi bersama teman,” ujar dr. Febri.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Natalisa, seorang ibu rumah tangga pengguna EV yang aktif. Ia sangat berterima kasih kepada PLN yang telah menyediakan banyak SPKLU di Kalselteng, sehingga ia merasa tenang berkendara menempuh jarak yang jauh.

“Sekarang tidak ada kekhawatiran sama sekali menggunakan EV, PLN sudah menyediakan banyak SPKLU dimana-mana, apalagi yang terbaru di mall, jadi bisa sambil santai ngemall," tutup Natalisa.(rls/elhami)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama