Indonesia Bakal Punya Proyek Amonia Hijau Hybrid Pertama di Dunia

PERTAMA DI DUNIA: Indonesia akan segera memiliki proyek amonia hijau hybrid pertama di dunia, inovasi terbaru dari BUMN Pupuk Indonesia - Foto Net.

TOPRILIS.COM, JAKARTA - Indonesia akan segera memiliki proyek amonia hijau hybrid pertama di dunia, inovasi terbaru dari BUMN Pupuk Indonesia. Proyek amonia ini akan dimulai pada Agustus 2024 dan menggandeng dua perusahaan besar asal Jepang. Proyek ini juga mendapat dukungan dari pemerintah Jepang melalui hibah sebesar USD 25 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, mengonfirmasi dukungan ini dalam acara 2nd Ministerial Meeting Asia Zero Emission Community (AZEC).

"Untuk proyek amonia Pupuk Iskandar Muda (anak usaha Pupuk Indonesia), pemerintah Jepang akan memberikan bantuan sekitar 25 juta USD dalam bentuk hibah," ujar Airlangga pada Senin (26/8/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan Roeslani, menyatakan bahwa investasi dari Jepang menegaskan potensi besar Indonesia dalam proyek energi hijau.

Menurutnya, proyek zero emission sangat menarik bagi pasar internasional karena mendapatkan insentif dan dapat menghasilkan imbal hasil yang lebih rendah jika berfokus pada energi terbarukan.

Kerja Sama dengan Jepang

Proyek ini adalah hasil dari perjanjian kerja sama pengembangan (Joint Development Agreement atau JDA) yang bertajuk Green Ammonia Initiative from Aceh (Project GAIA).

Perjanjian ini melibatkan Pupuk Indonesia, ITOCHU Corporation, dan Toyo Engineering, yang disepakati pada acara AZEC.(liputan6.com/elh)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama