Kemenhub Rencanakan Uji Coba Kereta Otonom di IKN pada 10 Agustus 2024

KERETA OTONOM: Kementerian Perhubungan rencanakan uji coba kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di IKN dengan rute pendek, pada 10 Agustus 2024 - Foto Net.

TOPRILIS.COM, JAKARTA - Seluruh pekerja dan kementerian saat ini tengah fokus menyelesaikan proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), salah satunya penekanan khusus pada pengembangan sektor transportasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. 

Misalnya yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan yaitu rencana uji coba kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di IKN dengan rute pendek, pada 10 Agustus 2024. 

Upaya tersebut dilakukan guna memastikan bahwa seluruh aspek transportasi di IKN terintegrasi dengan baik dan siap mendukung kebutuhan masyarakat dan ekonomi daerah.

“Jika berjalan lancar, kami menargetkan ART sudah dapat diuji coba secara dinamis (bergerak) di rute pendek (loop kecil) pada 10 Agustus 2024,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal di Jakarta dilansir dari Antara, Selasa 6 Agustus 2024.

ART sendiri adalah sistem transportasi berbasis kereta yang beroperasi tanpa keterlibatan langsung dari pengemudi manusia. Hal ini karena ART menggunakan teknologi canggih seperti sensor, kamera, dan sistem navigasi berbasis kecerdasan buatan untuk mengendalikan gerakan kereta, mengatur jadwal, serta memantau kondisi jalur dan lingkungan sekitarnya secara otomatis. 

Dengan kemampuan beroperasi secara mandiri ini, ART menawarkan solusi transportasi yang modern dan inovatif, terutama dalam konteks urban dan kawasan-kawasan yang padat.

Risal mengungkapkan bahwa tim Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) saat ini sedang melaksanakan uji internal terhadap sarana, prasarana, dan sumber daya manusia (SDM) ART di kawasan IKN. 

Pengujian ini diharapkan dapat selesai paling lambat sehari sebelum pelaksanaan, yaitu pada tanggal 9 Agustus 2024.

"Pengujian internal ini diharapkan dapat rampung selambatnya pada 9 Agustus 2024," ujarnya.

Rute pendek atau loop kecil yang direncanakan untuk uji coba ini adalah jalur melingkar yang menghubungkan Gedung Kemenko 3 dengan Gedung Kemenko 2 dan kemudian kembali lagi ke Gedung Kemenko 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Uji coba ini bertujuan untuk mempersiapkan pengoperasian ART yang akan digunakan pada upacara Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN. 

Proses uji coba ini akan berlangsung selama kurang lebih dua bulan, dimulai dengan pelaksanaan uji coba dinamis. Tujuannya untuk memastikan kelayakan operasi ART dan mengevaluasi performa serta keandalannya.

“Nantinya, ART akan berhenti di delapan halte di sepanjang ruas utama Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya yaitu bus rapid transit (BRT)," kata Risal. 

Setelah fase uji coba selesai, tahap berikutnya adalah melakukan evaluasi bersama DJKA dan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN). Hasil evaluasi ini akan menentukan kesiapan ART sebelum dilakukan pameran umum yang dijadwalkan berlangsung dari 10 Oktober hingga 31 Desember 2024.(viva.co.id/elh)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama