Pemkab Barut Gelar Pelatihan Servis Sepeda Motor

SIMBOLIS: Kepala Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara M Mastur didampingi Kabid dan pejabat fungsional menyerahkan materi pelatihan perbengkelan roda dua, Selasa (27/8/2024) di aula dinas setempat - Foto Dok Nett


TOPRILIS.COM, KALTENG- Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM (Disnakertranskop UKM) Barito Utara (Barut) terus melakukan program dan kegiatan percepatan peningkatan pembangunan di segala bidang dan sektor, termasuk percepatan pembangunan SDM di daerah setempat, di antaranya melalui pendidikan dan pelatihan vokasi dan berbasis kompetensi.

“Kegiatan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) ini memiliki arti yang sangat penting dalam upaya peningkatan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja, pelaku usaha, koperasi dan UMKM serta masyarakat di Kabupaten Barut,” kata Kepala Disnakertranskop UKM Barut M Mastur saat membuka kegiatan pelatihan service kendaraan roda dua, Selasa (27/8/2024) di aula dinas setempat.


Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta agar berdaya dan berhasil guna serta mampu bersaing memasuki dunia usaha atau di dunia kerja serta menciptakan usaha mandiri atau berwirausaha.

Yang nantinya diharapkan dia dapat menciptakan dan meningkatkan pendapatan keluarga dan masyarakat. 

“Yang tentunya betul-betul memberikan dampak positif kepada penurunan angka inflasi, pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Barito Utara,” jelasnya.

Dirinya juga meminta peserta pelatihan mengikuti pelatihan teknis ini dengan serius dan sungguh-sungguh serta jangan berhenti sampai selesainya pelatihan ini saja, tetapi harus selalu terus berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan, keterampilan dan skillnya secara profesional dan kompetitif di segala bidang atau sektor.

“Kepada instruktur atau supervisor saya harapkan sampaikan materi teknis ini dengan mudah dan cepat dimengerti atau dipahami, sehingga dapat diaplikasikan para peserta pelatihan,” bebernya.

Sementara, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini untuk membekali peserta agar memiliki kompetensi di bidang bengkel roda dua calon tenaga kerja yang siap pakai, mempersiapkan calon tenaga kerja yang belum mendapatkan pekerjaan yang tidak memiliki skill dan kemampuan di bidang bengkel roda dua.

Kemudian, mempersiapkan dan menciptakan wirausahawan-wirausahawan di bidang bengkel roda dua serta mengurangi pengangguran terbuka di Kabupaten Barut.

Peserta pelatihan diikuti 16 peserta. Kegiatan dilaksanakan dari 27 Agustus sampai 10 September 2024 di aula Dinas Nakertranskop UKM dan aula UPTD BLK Barut.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama