Pj Bupati Barut: Wirausaha Untuk Mencapai Kemandirian Finansial

SAMBUTAN: Kegiatan sosialisasi kewirausahaan kewirausahaan pemuda tingkat Kabupaten Barut, Kamis (29/8/2024) di aula BappedaLitbang - Foto Dok Nett


TOPRILIS.COM, KALTENG- Pj Bupati Barito Utara (Barut) Drs Muhlis mengatakan, kewirausahaan bukan hanya tentang bagaimana memulai sebuah bisnis, tetapi juga bagaimana membangun mentalitas, sikap dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam dunia yang penuh tantangan ini.

Hal itu dikatakannya saat membuka kegiatan sosialisasi kewirausahaan kewirausahaan pemuda tingkat Kabupaten Barut, Kamis (29/8/2024) di aula BappedaLitbang Barut.

Dikatakan Muhlis, wirausaha bertujuan untuk mencapai kemandirian finansial dengan membangun bisnis yang dapat menghasilkan pendapatan yang stabil dan menguntungkan. Kewirausahaan adalah proses menciptakan, mengembangkan, dan mengelola usaha atau bisnis dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan memberikan nilai tambah.

Dijelaskannya juga pelaku kewirausahaan secara individu memiliki inisiatif dan kemampuan untuk mengidentifikasi peluang bisnis, merencanakan dan mengelola usaha tersebut hingga mencapai sukses.

“Saat ini pemuda memainkan peran yang sangat penting dalam kewirausahaan. Dengan energi, kreativitas, dan kemauan untuk belajar, pemuda memiliki potensi besar untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi,” katanya.


Pemuda ingatnya, juga memiliki ide-ide segar dan perspektif baru yang dapat mengarah pada inovasi dalam produk, layanan dan proses bisnis. Umumnya, pemuda lebih terampil dalam teknologi dan digitalisasi, yang memungkinkan untuk memanfaatkan teknologi terbaru dalam bisnis mereka, seperti e-commerce, media sosial, dan aplikasi digital.

“Hubungan antara kewirausahaan pemuda dan pemerintah daerah melibatkan dukungan kebijakan, penyediaan fasilitas, pendidikan, akses pembiayaan, dan pengembangan jaringan,” bebernya.

Pemerintah daerah, memainkan peran kunci dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dan memfasilitasi kewirausahaan pemuda, sehingga pemuda dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal dan masyarakat.

“Sinergi antara kedua pihak dapat menghasilkan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan kewirausahaan di tingkat lokal,” tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama