Siap-siap, 1.700 PNS Pindah ke IKN Bulan Depan

PINDAH: Sekitar 1.700 pegawai negeri sipil (PNS) akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada September 2024 - Foto Net.

TOPRILIS.COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan sekitar 1.700 pegawai negeri sipil (PNS) akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada September 2024.

Menurutnya, saat ini pembangunan sebanyak 14 tower sudah selesai untuk dapat ditempati para PNS.

"Apartemen, sekarang sudah ada 47 yang kita bangun, saat ini 14 yang sudah jadi," ucap Plt Kepala Otorita IKN (OIKN) itu di acara ASN Talent Fest 2024 dan Anugerah ASN 2023 di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Selasa (27/8), melansir detikfinance.

"Ini akan siap kita tempati. Pak Menteri PANRB (Abdullah Azwar Anas) sudah siapkan tahapan pemindahan. Mungkin September ini 1.700 orang yang pindah," imbuhnya lebih lanjut.

Ia mengungkap setiap unit apartemen yang dihuni ASN adalah seluas 98 meter persegi. Satu unit terdiri atas tiga kamar tidur, dua kamar mandi, satu ruang keluarga, dan satu ruang makan.

Basuki juga menekankan apartemen tersebut telah dilengkapi oleh perabotannya alias fully furnished, sehingga siap untuk ditempati.

Lebih lanjut, ia menyebut tower yang sudah fully furnished dan siap ditempati berjumlah sekitar 10-12 tower.

Nantinya, akan ada skema khusus untuk penempatan hunian, di mana ASN jomlo kemungkinan akan berbagi hunian. Sementara yang berkeluarga akan mendapatkan satu unit.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengungkap mulanya kepindahan PNS memang dirancang untuk dilakukan bulan depan. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pemindahan PNS ke IKN tidak dilakukan secara terburu-buru.

"Tadinya kita sudah siapin dengan jumlah apartemen yang sudah siap. Jadi kita tunggu nanti. Karena arahan presiden ditunggu sampai ekosistemnya sudah berjalan, lalu sudah siap, baru dipersiapkan untuk pindah," kata Anas.

Kendati, Anas menjamin pihaknya sudah menyiapkan skenarionya dan hanya tinggal menunggu arahan Jokowi terkait pemindahannya dan kesiapan ekosistem di IKN sendiri.

"Jadi kami sudah mapping terkait skenario pemindahan ASN, termasuk seluruh kl nanti eselon I-nya siapa, eselon II-nya siapa, nama-namanya sudah ada, dan ini sudah kami mapping cukup lama bersama dengan para sekjen di K/L. dan berapa yang akan pindah duluan di sana nanti disesuaikan dengan kesiapan tempat yang telah disiapkan oleh OIKN, salah satunya oleh beliau, Pak Basuki," ujar Anas.(CNN Indonesia/elh)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama