UMKM Memiliki Peranan Penting Bagi Perekonomian

FOTO BERSAMA: Kepala Dinas Nakertranskop UKM Barut M Mastur didampingi kabid dan pejabat fungsional, narasumber foto bersama dengan para peserta pelatihan digitalisasi marketing usai pembukaan, selasa (27/8/2024) di aula Kecamatan Teweh Tengah - Foto Dok Nett



TOPRILIS.COM, KALTENG- Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakertranskop UKM) Barito Utara (Barut) M Mastur mengatakan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat penting bagi perekonomian.

“Peranan UMKM tersebut yakni dalam rangka meningkatkan produktivitas dan daya saing yang mampu menciptakan kesempatan kerja secara luas, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah maupun nasional,” kata Mastur pada saat membuka kegiatan pelatihan Digitalisasi Marketing bagi pelaku UKM, Selasa (27/8/2024) di aula Kecamatan Teweh Tengah.


Maka dari itu, kata Mastur, melalui pelatihan ini diharapkan para peserta dapat secara maksimal menggali skill dan kemampuan diri dalam mengelola sumberdaya yang tersedia dan juga peserta diharapkan dapat menumbuhkan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga menghasilkan produk-produk yang memiliki keunggulan kompetitif agar dapat bersaing dengan produk-produk daerah lain.

Termasuk, produk impor yang tentunya melalui dukungan pembinaan dan pengembangan serta support dari berbagai pihak, baik dari organisasi perangkat daerah terkait maupun perusahaan-perusahaan swasta yang ada di di daerah ini melalui program CSR.

“Sehingga dengan adanya sinergi dan kolaborasi pembinaan diharapkan terciptanya wirausaha-wirausaha sukses di Kabupaten Barito Utara, yang tentunya akan memberikan dampak kepada program percepatan peningkatan ekonomi masyarakat dan penciptaan lapangan kerja di Kabupaten Barito Utara,” ucapnya.

Dengan diselenggarakannya pelatihan diharapkan peserta mengikuti pelatihan dengan disiplin, serius dan perbanyak dialog dan diskusi teknis dengan para narasumber atau instruktur.

“Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan lebih yang dapat diterapkan dalam mengelola, mengembangkan dan meningkatkan usaha di tempatnya masing-masing,” pungkasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama