Deklarasi ODF di Juai, 800 Toilet Telah Dibangun

DEKLARASI: Kecamatan Juai resmi mendeklarasikan diri sebagai kecamatan Open Defecation Free (ODF) pertama di Balangan - Foto Dok Adaro.

TOPRILIS.COM, KALSEL - Hari yang bersejarah bagi Kecamatan Juai, Balangan. Tepat hari ini, Kamis (12/9) Kecamatan Juai resmi mendeklarasikan diri sebagai kecamatan Open Defecation Free (ODF) pertama di Balangan. Deklarasi tersebut dilaksanakan di Lapangan Bola Desa Mungkur Uyam.

Pernyataan deklarasi ini menegaskan bahwa Kecamatan Juai telah bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Tercatat 5.273 kartu keluarga sudah memiliki akses sanitasi layak pribadi yang tersebar di 20 desa Kecamatan Juai. 

Program ODF ini merupakan kolaborasi antara pemerintah Kabupaten Balangan dengan Adaro yang tergabung dalam Pokja Balangan Sanitasi Layak dan Aman atau Pokja Basalaman.

Okty Damayanti, Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) mengungkapkan bahwa perjuangan mencapai bebas buang air besar sembarangan, bukan perjuangan sederhana.

“Perjuangan ini cukup berliku-liku,” ungkapnya. 

“Tim kami tidak henti dari pagi ke pagi melakukan pemahaman dan pemicuan kepada masyarakat agar mereka tidak lagi buang air besar sembarangan," tambahnya.

Kerja sama pemerintah Balangan dengan Adaro di tahun 2024 ini, telah menghasilkan pembangunan toilet sebanyak 800 unit. 

“Kolaborasi ini untuk mewujudkan sanitasi pribadi yang layak,” ungkap Bupati Balangan, Abdul Hadi.

Komitmen untuk terbebas dari perilaku BABS penting untuk terus dijaga. Mengingat faktor risiko yang timbul dari kotoran manusia, berdampak buruk bagi kesehatan. Penyakit seperti polio menjadi salah satu penyakit yang disebabkan oleh tinja di air.

“Kita berharap deklarasi ini terus didukung oleh perubahan perilaku dari masyarakatnya,” jelas Pj Fungsional Ahli Madya Direktorat Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dewi Marlina.

Lebih lanjut, Dewi Marlina menjelaskan bahwa pihaknya akan terus mendampingi dan berkomitmen untuk menyelesaikan masalah ODF menuju akses sanitasi aman.

“Komitmen ODF ini merupakan komitmen Indonesia. Harapan kami Kecamatan Juai dapat menjadi contoh bagi kecamatan lainnya di Balangan yang terbebas dari perilaku BABS,” harapnya.(rls/elhami)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama