Dinas Kesehatan Barut Gelar Pelatihan BTCLS Bagi Perawat di Puskesmas

DISKUSI: Pelatihan BTCLS bagi puskesmas se-Barut, rabu (4/9/2024) di aula Dinas Kesehatan Barut - Foto Dok Nett



TOPRILIS.COM, KALTENG- Dinas Kesehatan Barito Utara (Barut) menggelar kegiatan Basic Trauma Life Support (BTCLS) bagi perawat di Puskesmas lingkup Dinas Kesehatan Barut, Rabu (4/9/2024) di aula dinas setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barut Pariadi mengatakan, pelatihan dasar ini ditujukan bagi perawat, calon perawat yang berada pada masa pendidikan keperawatan di semester akhir dan perawat fresh graduated.

“Untuk mempertahankan dan mengembangkan kompetensi keperawatan gawat darurat (emergensi) bagi perawat yang sudah bekerja, telah dipersiapkan pelatihan keperawatan emergensi dasar, intermediate dan advanced,” kata Pariadi.


Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan primer, yang berfungsi sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Pelatihan BTCLS sangat penting bagi perawat di Puskesmas karena dapat membantu mereka untuk mencegah kematian atau kerusakan organ pada korban gawat darurat atau bencana, menekan tingkat kecacatan akibat trauma dan jantung, melakukan penanganan pasien dengan kegawatdaruratan trauma dan kardiovaskular. Apresiasi juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi aktif sehingga pelatihan BTCLS ini dapat dilaksanakan pada tahun ini,” tambahnya.

Kegiatan pelatihan BTCLS diikuti 30 peserta dari 17 Puskesmas yang ada di Kabupaten Barut.

Pelatihan dilaksanakan selama 6 hari dimulai pada 1-6 September 2024. Dengan metode pelatihan daring 3 hari dari tempat masing-masing dan luring selama 3 hari di aula Dinas Kesehatan.

Sedangkan tim fasilitator atau instruktur 5 instruktur yang berpengalaman di bidang gawat darurat tersertifikasi sebagai fasilitator atau instruktur, satu pengendali pelatihan dan satu petugas QS.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama