Jokowi Resmikan Smelter Gresik Freeport Indonesia

RESMIKAN: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan smelter tembaga PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur - Foto Net.

TOPRILIS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional smelter tembaga milik PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur. Dia mencatat, nilai investasi smelter ini tembus Rp 56 triliun.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini saya resmikan produksi smelter PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur," ucap Jokowi dalam momen peresmian, Senin (23/9/2024).

Dia mengatakan, nilai investasi yang masuk sebesar Rp 56 triliun untuk Smelter Gresik PTFI tersebut. Namun, angka itu dihitung bisa memberikan dampak yang lebih besar lagi.

Pada sisi produksi saja, mampu mengolah konsentrat tembaga menjadi katoda tembaga. Selain itu, ada produksi lainnya seperti emas dan perak.

"Dari investasi Rp 56 triliun tersebut diolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga yang dibawa dari Papua menuju ke Gresik, hasilnya 900 ribu ton katoda tembaga kurleb 50 ton emas dan 210 ton perak jumlah yang tidak kecil," kata dia.

Di samping itu, UMKM pun dinilai akan merasakan manfaatnya. Mulai dari penyediaan katering atau makanan hingga menjadi sub kontraktor dari operasional Smelter Gresik PTFI.

"Dan ini kalau melihat industrinya sebesar ini, saya yakin ini akan melibatkan banyak UMKM usaha-usaha kecil baik berupa katering, baik untuk menjadi sub kontraktor dari semua yang berkaitan dengan smelter di Gresik ini," bebernya.(liputan6.com/elh)

Muhammad Elhami

“sesobek catatan di antara perjalanan meraih yang kekal dan memaknai kesementaraan; semacam solilokui untuk saling mengingatkan, saling menguatkan, berbagi keresahan dan kegetiran, keindahan dan kebahagiaan, agar hidup menjadi cukup berharga untuk tidak begitu saja dilewatkan”

Lebih baru Lebih lama