Layanan Internet Desa Jadi Prioritas Pemkab Barut untuk Tercapainya SPBE

 

DISKUSI: Pj Bupati Barut Drs Muhlis saat menyampaikan sambutan dan arahan pada rapat sosialisasi Layanan Internet Desa Barito Utara (Linda Batara), jumat (6/9/2024) di aula setda lantai I - Foto Dok Nett


TOPRILIS.COM, KALTENG- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara (Barut) melaksanakan rapat sosialisasi Layanan Internet Desa Barito Utara (Linda Batara), Jumat (6/9/2024) di aula setda lantai I.

Penjabat Bupati Barut Muhlis mengapresiasi kinerja Dinas Kominfosandi yang telah berjuang dalam memberikan layanan pembangunan infrastruktur berupaya layanan internet kepada seluruh desa, terutama wilayah yang dinyatakan Blankspot. 

“Kita telah mendengar bersama bahwa dari 68 desa yang berada di wilayah Kabupaten Barut sebanyak 25 desa dapat mengakses layanan internet dan 43 yang masih tidak bisa mendapatkan layananan internet atau blankspot,” katanya.


Dikatakannya, Pemkab Barut terus berupaya akan memenuhi layanan internet desa dengan inovasi-inovasi teknologi yang semakin cepat dan maju dalam perkembangannya.

“Semoga melalui suport seluruh pihak internet desa di wilayah Barut dapat segera dinikmati sehingga akan terwujud Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) diseluruh wilayah sampai tingkat desa. Karena Layanan Internet Desa, menjadi salah satu prioritas pemkab Barut Untuk tercapainya SPBE,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang E-Government dinas Kominfosandi Barut Munawar khalil menambahkan, terdapat 43 desa di Kabupaten Barut yang saat ini masih berstatus blankspot. Untuk itu, program ini dilaksanakan dengan bekerjasama dengan PT Comtelindo.

Istimewanya ke 43 desa ini nantinya juga akan disediakan aliran listrik berupa solar sel sebagai backup bagi beberapa desa yang belum bisa mendapatkan layanan listrik selama 24 jam.

“Kami ingin jaringan internet ini mampu diakses semua desa 24 jam penuh tanpa kendala listrik padam, dan untuk semua biaya sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah daerah kabupaten Barito Utara melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Barut," tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama