Pelantikan 55 Anggota DPRD Kalsel: Supian HK dan Kartoyo Pimpin Sementara

SUMPAH JANJI : 55 Anggota DPRD Kalsel Periode 2024-2029 dilantik dalam rapat paripurna - foto dok dprdkalsel


TOPRILIS.COM,KALSEL – Hari bersejarah bagi DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Senin pagi, (9/9/2024), saat 55 anggota baru dilantik dalam Rapat Paripurna di ruang rapat paripurna H. Mansyah Adrian. Acara ini berlangsung dengan penuh hikmat dan dihadiri oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, serta berbagai pejabat dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dalam pelantikan ini, Ketua DPRD sebelumnya, Supian HK, dan anggota baru Kartoyo, masing-masing dari Partai Golkar dan Partai Nasdem, resmi menjabat sebagai pimpinan sementara. Supian HK, yang sebelumnya memimpin DPRD Kalsel periode 2019-2024, mengungkapkan apresiasi mendalam kepada para anggota dewan yang telah selesai masa tugasnya. Ia juga menyampaikan harapan agar kepengurusan baru ini bisa melanjutkan dan meningkatkan pencapaian-pencapaian yang telah diraih.

"Kami berterima kasih kepada para purnabakti yang telah memberikan pengabdian terbaik. Kami berharap dapat melanjutkan dan meningkatkan karya-karya mereka untuk memenuhi tuntutan masyarakat saat ini," ujar Supian HK.

Supian HK juga mengajak seluruh anggota DPRD yang baru untuk aktif berdialog dan memberikan masukan konstruktif kepada pemerintah daerah. Menurutnya, kolaborasi dan sinergi antara legislatif dan eksekutif sangat penting untuk mewujudkan Kalsel sebagai Gerbang Ibu Kota Negara dan mendukung Indonesia Emas menuju peradaban yang modern dan sejahtera.

Dalam sambutannya, Gubernur Sahbirin Noor membacakan pesan dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Tito menekankan tiga fungsi utama DPRD: pembentukan peraturan daerah, penyusunan anggaran, dan pengawasan. Selain itu, ia mengingatkan hak-hak DPRD, seperti hak interpelasi, hak angket, dan hak menyatakan pendapat.

"DPRD harus menjalin sinergitas dengan pemerintah daerah untuk cepat tanggap terhadap masalah kerakyatan dan mendukung agenda prioritas nasional,"pesan Tito Karnavian.

Paman Birin juga mengapresiasi pencapaian DPRD periode sebelumnya dan berharap kolaborasi antara legislatif dan eksekutif dapat terus berlanjut demi kesejahteraan masyarakat Kalsel. (rls/tiwi)


elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama