Pemprov Kalsel Apresiasi Kunjungan MUI Pusat untuk Monitoring dan Evaluasi Kinerja

Kunjungan : MUI Pusat ke MUI Kalsel di Masjid Raya Sabilal Muhtadin - foto mckalsel

TOPRILIS.COM, KALSEL - Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, melalui Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, Fatkhan, memberikan apresiasi atas kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi Dewan Pimpinan dan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ke Sekretariat MUI Kalsel, Kamis (19/9/2024). Kunjungan ini berlangsung di kawasan Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen bersama dalam menjaga sinergi dan kinerja kelembagaan MUI sebagai pilar penting dalam membina umat, memperkuat nilai-nilai keislaman, serta menjaga kerukunan antarumat beragama di tanah air,” ujar Fatkhan.

Ia berharap monitoring dan evaluasi ini berjalan efektif dan sesuai tujuan utama MUI, yaitu menjadi payung serta pengayom dalam kehidupan beragama dan berbangsa. Selain itu, Fatkhan juga menekankan pentingnya kegiatan ini dalam mempererat silaturahmi antara MUI Kalsel, MUI Pusat, dan Pemprov Kalsel.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya memperkuat soliditas MUI Kalsel sebagai organisasi, tetapi juga meningkatkan kolaborasi dengan MUI Pusat serta Pemerintah Provinsi Kalsel,” tambahnya.

Menurut Fatkhan, kegiatan monitoring ini sangat penting mengingat tantangan yang dihadapi umat Islam saat ini semakin kompleks, baik dari aspek moral, sosial, maupun kemasyarakatan. Peran MUI sangat strategis dalam memberikan bimbingan, arahan, serta solusi untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut.

Sekretaris Umum MUI Kalsel, Nasrullah, mengungkapkan bahwa ada 10 instrumen penilaian yang telah disampaikan kepada MUI Pusat, termasuk jawaban kuesioner terkait kegiatan ini. Tim akan menilai berbagai aspek, seperti eksistensi organisasi, keabsahan sekretariat, publikasi, imbauan untuk mendukung program pemerintah, dan upaya lainnya.

Nasrullah juga menyebutkan bahwa dari 11 komisi yang ada di MUI Provinsi Kalsel, semuanya telah menjalankan tugas dan program kerja masing-masing dengan baik.(rls/tiwi)

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama