Studi Banding, Dinas Koperasi dan UKM Jatim Kunjungi Kalsel untuk Pelajari Sistem Pembiayaan Koperasi

CINDERAMATA :Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai menyambut kunjungan jajaran Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Timur ke salah satu Koperasi Modern Banua di Kalsel

TOPRILIS.COM, KALSEL - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima kunjungan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada Kamis (19/9/2024). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka studi banding terkait sistem pembiayaan koperasi di Kalsel.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai, menyambut langsung rombongan dari Jatim di Koperasi Arrahmah, salah satu koperasi modern di Banjarmasin yang menjadi role model dalam pengelolaan koperasi di wilayah tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini kami kedatangan tamu dari Dinas Koperasi UMKM Jawa Timur untuk melakukan studi banding terkait pembiayaan koperasi di Kalimantan Selatan,” ujar Yanuar.

Koperasi Arrahmah dinilai menjadi contoh sukses karena telah menerapkan digitalisasi dalam pelayanannya, serta melalui audit eksternal yang memastikan kualitas tata kelolanya. Dengan pencapaian tersebut, Koperasi Arrahmah diakui sebagai koperasi berperingkat AAA dan layak dijadikan contoh bagi koperasi di daerah lain.

Selain itu, rombongan dari Jatim juga berkesempatan mengunjungi Koperasi Union, sebuah koperasi simpan pinjam yang telah berhasil memberikan layanan peminjaman bagi masyarakat.

“Kami berharap apa yang sudah berhasil diterapkan di Kalsel bisa menjadi inspirasi dan ditiru oleh Dinas Koperasi Jawa Timur,” tutup Yanuar.

Kunjungan ini menjadi bagian dari upaya kolaborasi dan pembelajaran antarprovinsi untuk mendorong kemajuan koperasi di Indonesia. (rls/tiwi)

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama