UMKM Miliki Peranan Penting Bagi Perekonomian

 

SIMBOLIS: Sekdis Nakertranskop UKM Barut Sampurna Murni Yati didampingi pejabat eselon III, eselon IV serta pejabat fungsional lingkup Disnakertranskop UKM menyerahkan materi pelatihan kepada para peserta, kamis (12/9/2024) di aula Barakati Muara Teweh - Foto Dok Nett


TOPRILIS.COM, KALTENG- Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan UKM Barito Utara (Barut) Sampurna Murni Yati mengatakan, UMKM memiliki peranan yang sangat penting bagi perekonomian dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing yang mampu menciptakan kesempatan kerja secara luas. Sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah maupun nasional. 

“Maka melalui pelatihan ini diharapkan para peserta dapat secara maksimal menggali skill dan kemampuan diri dalam mengelola sumberdaya yang tersedia, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas,” kata Sampurna Murni Yati, Kamis (12/9/2024).


Hal ini, kata dia, tentunya melalui dukungan pembinaan dan pengembangan serta support dari berbagai pihak, baik dari organisasi perangkat daerah terkait maupun perusahaan-perusahaan swasta yang ada di kabupaten barito utara melalui program CSR nya. 

Dirinya juga menambahkan, dengan adanya sinergi dan kolaborasi pembinaan diharapkan terciptanya wirausaha-wirausaha sukses di Kabupaten Barito Utara, yang tentunya akan memberikan dampak kepada program percepatan peningkatan ekonomi masyarakat dan penciptaan lapangan kerja di daerah ini.

Ia juga mengatakan, dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan pengolahan jagung menjadi pakan ternak bagi pelaku UKM yang dilaksanakan selama 1 (satu) hari efektif ini, diharapkan kepada seluruh peserta pelatihan agar nantinya dapat membuat dan mengolah pakan ternak sendiri, memberdayakan sumber daya lokal dan juga dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan dalam beternak, sehingga semua pelaku usaha peternakan dapat menciptakan sektor peternakan yang tangguh dan berkelanjutan. 

“Untuk itu kepada seluruh peserta pelatihan agar mengikuti dengan disiplin, serius dan perbanyak dialog dan diskusi teknis dengan para narasumber atau instruktur, sehingga diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para peserta mendapatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan lebih yang dapat diterapkan dalam mengelola, mengembangkan dan meningkatkan usaha di tempatnya masing-masing,” pungkasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama