Workshop Dinkes Barut Bahas Pengelolaan Keuangan BLUD Puskesmas dan Labkesda

 

FOTO BERSAMA: Peserta workshop penatausahaan pengelolaan keuangan BLUD UPT Puskesmas se-Barut dan Labkesda Tahun 2024 foto bersama asisten Sekda H Yaser Arapat usai pembukaan kegiatan, jumat (27/9/2024) di aula Dinas Kesehatan setempat - Foto Dok Nett


TOPRILIS.COM, KALTENG- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Utara (Barut) mengadakan workshop mengenai pengelolaan keuangan BLUD untuk UPT Puskesmas dan Labkesda se-Barut, Jumat (27/9/2024).

Acara dibuka oleh Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum H. Yaser Arapat, serta dihadiri pejabat perangkat daerah dan narasumber dari STIEPAN Banjarmasin HM Ramadhan.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Sekda H. Yaser Arapat, Pj Sekda Barut menyampaikan bahwa Puskesmas dan Labkesda memiliki peran penting dalam peningkatan kesehatan masyarakat. Lembaga ini diharapkan mampu memberikan layanan yang bermutu, mandiri, dan terjangkau.

“Puskesmas dan Labkesda harus bisa menghadapi tantangan terbatasnya anggaran dan birokrasi yang lambat, yang sering menghambat pelayanan,” ujar Pj Sekda melalui Yaser Arapat.


Pola Pengelolaan Keuangan BLUD menawarkan fleksibilitas bagi Puskesmas dan Labkesda untuk menerapkan praktik bisnis yang sehat dalam rangka meningkatkan layanan.

"Fleksibilitas ini diharapkan mampu menjawab kendala yang selama ini dihadapi," tambahnya.

Dengan status BLUD, seperti diatur dalam Permendagri No 61 Tahun 2017, Puskesmas dan Labkesda memiliki peluang untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui pengelolaan SDM dan anggaran yang lebih efektif.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama