Dinaskop Kalsel Dorong UMKM Manfaatkan Digitalisasi, 60 Peserta Ikuti Pelatihan Pengembangan Usaha

 

PELATIHANPelatihan Pengembangan Mitra Usaha dan Akses Pemasaran, serta Pelatihan Peningkatan Akses Teknologi - foto mckalsel

TOPRILIS.COM, KALSEL - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menanamkan jiwa wirausaha dan memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan usaha mereka. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai, saat membuka Pelatihan Pengembangan Mitra Usaha dan Akses Pemasaran di Banjarbaru, Selasa (15/10/2024).

"Kami berharap masyarakat Banua Kalsel bisa memahami pentingnya jiwa wirausaha, serta mampu mengelola manajemen usaha dan keuangan dengan baik," ujar Yanuar.

Pelatihan yang diikuti oleh 60 pelaku UMKM dari kabupaten/kota se-Kalsel ini akan berlangsung selama empat hari, dari tanggal 15 hingga 18 Oktober 2024. Fokus pelatihan ini adalah peningkatan kemampuan manajemen, produksi, pemasaran, serta pemanfaatan teknologi digital untuk promosi dan penjualan.

Yanuar juga menekankan pentingnya bagi para pelaku UMKM untuk membangun kemitraan dengan pemasok dan distributor, serta memanfaatkan platform digital dalam mengelola bisnis mereka.

"Kami ingin peserta pelatihan tidak hanya memiliki keterampilan teknis, tetapi juga mampu mengembangkan kemitraan, strategi pemasaran, dan branding bersama mitra bisnis," tambahnya.

Dengan pelatihan ini, Dinaskop Kalsel berharap para pelaku UMKM di Kalsel dapat lebih kreatif, berdaya saing, dan berorientasi pada masa depan dalam mengembangkan usaha mereka, serta meningkatkan perekonomian masyarakat Banua.(rls/tiwi)

elsa pratiwi

Banyak Berbuat Sedikit Berbicara, Belajarlah untuk terus memperbaiki apa yang kau anggap salah, dan Jangan pernah Untuk Mengulanginya

Lebih baru Lebih lama